Asrama ITB Gelar Asrama Mengajar Terakhir di Semester II TA 2022/2023

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana

Foto: Hafsah Restu Nurul Annafi

BANDUNG, itb.ac.id - Tidak sekadar menyediakan tempat tinggal bagi mahasiswa, Asrama ITB juga menyediakan wadah pengabdian masyarakat salah satunya melalui Asrama Mengajar. Kegiatan ini merupakan perwujudan Asrama ITB sebagai lingkungan pembinaan yang memegang nilai living and learning community serta berdampak terhadap lingkungan sekitar.

Agenda rutin setiap sebulan sekali ini melibatkan Tutor Asrama ITB sebagai penyelenggara dan pengajar, dibantu oleh penghuni Asrama ITB, serta anak-anak di sekitar lingkungan Asrama ITB sebagai peserta. Materi yang dibawakan pada Asrama Mengajar merupakan materi outclass yang berbeda tiap bulannya.

Pada Minggu (26/3/2023), Asrama ITB melaksanakan Asrama Mengajar yang ketujuh sekaligus penutup di semester ini. Kegiatan berlangsung secara paralel di tiga Asrama ITB Ganesha, yaitu Asrama Sangkuriang (SA), Kidang Pananjung (KP) dan Kanayakan (KN). Sementara di Asrama Jatinangor akan dilaksanakan pada April mendatang. Mengusung kegiatan kolase, Asrama Mengajar kali ini dihadiri oleh 17 peserta dari SA, 9 peserta dari KP, dan 24 peserta dari KN. Anak-anak tampak antusias saat berkreasi kolase menggunakan bahan berupa biji-bijian, kancing baju dan daun kering yang ditempelkan di atas kertas bergambar. Setelah selesai, karya kolase akan dibawa pulang oleh anak-anak.

Salah satu penghuni sekaligus pengajar di Asrama Sangkuriang, Aulia Rizkiya mengungkapkan serunya berinteraksi dengan anak-anak. “Kalau dari kegiatannya tuh kita jadi bisa belajar buat ngerangkul dan ngajak anak-anak biar mau ngikutin arahan kita, di sini gimana cara kita komunikasi ke anak-anak tuh jadi dilatih banget gitu dan kesabaran juga cukup diperlukan,” ungkap Aulia.

“Asrama mengajar kini bukan lagi menjadi tempat bagaimana kita dapat belajar sesuatu hal. Namun kini semua sudah melampaui hal tersebut, asrama mengajar kini sudah menjadi tempat tumbuhnya cinta. Cinta dari segi rasa kekeluargaan, kekreatifan dan kebahagiaan anak anak yang ada di sekitar asrama,” ujar Kristin Dosma, Tutor Asrama ITB. Sebagai penyelenggara kegiatan, Kristin berharap kebahagiaan bisa senantiasa tergambar melalui Asrama Mengajar, baik untuk anak-anak, penghuni dan tutor Asrama ITB.

Meskipun menjadi Asrama Mengajar terakhir di semester II Tahun Akademik 2022/2023, Asrama ITB akan mengadakan pengabdian masyarakat dalam bentuk lain pada Mei 2023 mendatang.

Reporter: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)


scan for download