ITB Day, Kegiatan untuk Memotivasi Siswa SMA Melanjutkan Pendidikan Tinggi

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id—Aku Masuk ITB (AMI) adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Kabinet Keluarga Mahasiswa (KM) ITB. Pada Sabtu, 11 Februari 2023, AMI menyelenggarakan kegiatan puncak bertajuk ITB Day berupa kegiatan Open House ITB di Kampus Ganesha bagi siswa-siswa SMA yang tertarik melanjutkan studi di ITB.

Kegiatan dimulai dengan penampilan pembuka di Lapangan Campus Center Timur ITB dengan menyuguhkan berbagai penampilan dan sambutan dari beberapa pihak. Pembukaan ITB Day berlangsung meriah dihadiri ratusan peserta yang telah hadir di tengah-tengah jantung kampus Ganesha.

Berbagai sub kegiatan dilaksanakan secara paralel di antaranya pameran program studi ITB, gelar wicara (talkshow), tur kampus, dan bioskop AMI. Semua kegiatan berlangsung seharian di berbagai titik kampus Ganesha.

Kegiatan pameran program studi dilaksanakan di Lahan Parkir Labtek V dan Labtek VIII. Setelah prosesi pembukaan, segerombolan peserta AMI terlihat amat antusias mengunjungi satu per satu program studi impian mereka. Pada pameran ini mereka disuguhkan informasi lengkap jurusan terkait dari perwakilan jurusan yang menjaga stand tersebut. Masing-masing jurusan menampilkan variasi identitas jurusan yang beragam untuk menarik minat pengunjung contohnya jurusan matematika menampilkan papan tulis yang kaya akan rumus dan angka, Desain Komunikasi Visual menampilkan karya grafis yang menakjubkan, dan lain-lain.

“Berkat adanya pameran ini aku jadi lebih mantap mengincar jurusan Matematika nanti,” ujar seorang siswa dari Bandung.

Di sudut yang lain, kegiatan gelar wicara bertajuk Semangat Bercerita Berlandaskan Narasi Humaniora. Gelar wicara ini menghadirkan beberapa pembicara di antaranya Aleams Barra, S. Si., M. Si, Ph.D (Dosen Matematika ITB), Budi Hermawan (Kepala UPTD Komdik Dinas Jawa Barat), Hary Kapota (SVP Commercial Ruangguru), dan Aisyah Maharani (Mahasiswa Teknik Geofisika ITB 2021). Gelar wicara dilaksanakan di Auditorium Gedung SBM ITB yang dihadiri oleh peserta AMI dari berbagai daerah. Topik yang dibawakan pada gelar wicara ini banyak berkaitan dengan pentingnya pendidikan tinggi bagi bangsa dan motivasi berkuliah bagi calon mahasiswa.

“Baru pertama ikut AMI. Tertarik banget sama acaranya,” ucap seorang siswa SMA dari Jawa Tengah.

Bioskop AMI menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian peserta AMI. Bioskop ini diselenggarakan di Auditorium CC Timur ITB dengan menyuguhkan suasana teater sungguhan di dalam ruangan kedap suara. Cerita yang dibawakan tentang mimpi seorang anak untuk berkuliah di ITB yang terpaksa ditangguhkan karena Ayahnya memaksanya langsung bekerja. Hingga akhirnya sebuah peristiwa terjadi mengubah pandangan sang Ayah.

Kemudian satu sub kegiatan yang terakhir yakni tur kampus dan laboratorium. Para peserta AMI yang tertarik melihat lebih dekat dengan tiap sudut yang ada di ITB diminta untuk mendaftar ulang di tempat untuk menjalankan tur sehari menjadi mahasiswa ITB. Setelah mendaftar, peserta dalam suatu kelompok kecil tertentu dipandu langsung oleh pemandu kelompok untuk mengunjungi pos-pos yang telah diatur sedemikian rupa. Para siswa tersebut terlihat sangat antusias bisa merasakan terlebih dahulu bagaimana menjadi mahasiswa kampus impiannya itu.

Seluruh rangkaian kegiatan usai pada sore hari. Kesemarakan hari itu terasa lebih lengkap berkat adanya penampilan seni dari berbagai unit dan Himpunan Mahasiswa Jurusan di panggung utama. Program Aku Masuk ITB akan hadir tiap tahun untuk terus menyalakan semangat melanjutkan pendidikan tinggi kepada seluruh siswa SMA di Indonesia untuk mencapai kualitas sumber daya manusia yang lebih baik.

Reporter: Lukman Ali (Teknik Mesin/FTMD, 2020)


scan for download