Regenerasi, Tutor Asrama ITB Mulai Rangkaian Seleksi Tutor Baru

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id – Tutor Asrama ITB mengadakan acara pengenalan tutor di asrama ITB, sekaligus membuka rangkaian seleksi tutor asrama baru tahun 2023/2024. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang 9231, gedung GKUT Kampus Ganesha pada Sabtu (21/1/2023).

Kegiatan pengenalan tutor ini dibuka oleh laporan ketua pelaksana, Reinaldi Santoso (TA’20). Dalam laporannya, Rei mengatakan bahwa semua program di asrama mengajarkan banyak tentang kehidupan. “Menjadi seorang tutor asrama tidaklah mudah, banyak sekali tantangan dan rintangan di dalamnya,” ujar Rei. Dia berpesan agar para peserta semangat mengikuti rangkaian seleksi dengan baik.

Selanjutnya, Ir. Hendri Syamsudin M.Sc., Ph.D., Kasubdit Kesejahteraan Mahasiswa, memberikan kata sambutan mewakili Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB. Beliau menjelaskan bahwa asrama mengusung living and learning community. Terdapat banyak sekali program untuk mengembangkan diri dan membangun karakter. ”Untuk melaksanakan misi yang besar, tentunya perlu ada usaha. Oleh karena itu, peran dari tutor sangatlah penting,” ujarnya.

Hendri menjelaskan bahwa dibutuhkan latihan yang panjang untuk bisa memanajemen waktu dan mental. “Terpilih ataupun tidak sebagai tutor, adik-adik tetap akan mendapatkan manfaat dari acara ini,” imbuhnya.

Acara selanjutnya diisi oleh penjelasan teknis seleksi oleh moderator, Iko (MA’21). Dalam rangkaian rekrutmen tutor baru ini, peserta akan mengikuti beberapa tahap seperti seleksi berkas, tes tulis, tes konseling, wawancara, dan focus group discussion. Dijelaskan pula terkait syarat untuk mendaftar sebagai tutor asrama.

Setelah selesai terkait penjelasan teknis, acara dilanjutkan dengan sesi talkshow bersama Koordinator Umum Tutor Asrama ITB tahun 2022/2023, Tomi Nugroho (TA’19). Tomi menjelaskan beberapa hal terkait program dan peran dari tutor sebagai pendamping di Asrama ITB. Selain itu juga dijelaskan terkait struktur organisasi Ketutoran Asrama ITB.

“Terdapat koordinator umum dari Ganesha dan Jatinangor, ada juga Sekjen yang membawahi Sekben, pembinaan, medrel, dan SDA. Selain itu, terdapat koordinator di tiap asrama yang tugasnya untuk mengontrol pekerjaan di setiap Asrama,” jelasnya. Acara berlanjut hingga sesi tanya jawab.

Di akhir acara, dilakukan penyerahan plakat oleh ketua pelaksana kepada Tomi. Penyerahan cinderamata ini sekaligus menjadi tanda berakhirnya acara setelah sesi foto bersama. Adapun saat ini pendaftaran Tutor Asrama ITB masih dibuka dan jika ingin mendaftar bisa melalui https://linktr.ee/rekrutmentutorasramaitb2023.

Reporter: Kevin Agriva Ginting, GD’20
Sumber Foto: Dok. Asrama ITB


scan for download