Saturday Lesson ITB dengan Billy Mambrasar: Pentingnya Organisasi untuk Persiapan Berkarier

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id–Menentukan jenjang karier pribadi bukanlah perkara yang remeh dan mudah, apalagi untuk mahasiswa yang sebentar lagi akan lulus. Untuk itu, ITB Career Center menyelenggarakan seminar Saturday Lesson pada Sabtu (4/2/2023). Mengangkat tema “You and Your Career Path”, acara ini mengundang Staf Khusus Presiden RI Gracia Josaphat Jobel “Billy” Mambrasar di Auditorium IPTEKS Campus Center Timur ITB.

Seminar dibuka dengan pemaparan Billy akan pentingnya berorganisasi semasa bangku perkuliahan. Ia menekankan bahwa komunikasi interpersonal yang dilatih selama berorganisasi akan sangat menguntungkan dalam perkembangan akademik, bahkan karier.

Billy merupakan alumni Program Studi Teknik Pertambangan ITB 2003. Ia menekuni kariernya pada bidang perminyakan. Terjun ke bidang yang nonlinear dengan jurusan saat berkuliah membuat Billy harus belajar banyak hal baru. Saat itulah kemampuan interpersonal sangat dibutuhkan.

Semasa studi di ITB, Billy aktif berpartisipasi dalam berbagai organisasi seperti menjadi Ketua Perkumpulan Mahasiswa Advent di Bandung, hingga berpartisipasi dalam Harvard Model United Nation yang menanamkan mimpi untuk dapat berkuliah di Harvard University padanya. Jalan itulah yang bisa membawanya untuk melanjutkan studi di Harvard University. Selain itu, ia juga berhasil menjadi student of the year yang dianugerahi Australian National University.

Selain itu, Billy juga menekankan keberanian dalam menentukan jenjang karier yang diinginkan. Sewaktu lulus kuliah, lamaran dikirim olehnya ke berbagai perusahaan berorientasi bisnis berbeda, termasuk perusahaan perminyakan British Petroleum (BP) walau tak memiliki basic perminyakan yang kuat. "Saya masukin lamaran saya dengan nekat, lalu mengikuti seleksi yang lebih emphasize ke problem solving, leadership, dan organization, sehingga bisa lolos seleksi karena sudah terbiasa (berorganisasi),” ujarnya menjelaskan proses lamarannya pada saat itu.

Sebagai penutup, Billy Mambrasar memberi saran untuk mengutamakan fleksibilitas dalam berkarier. “Kita juga harus fleksibel as a human, karena kita tidak pernah tahu ke mana arah kita akan hidup,” sebutnya menganalogikan karier dengan kehidupan.

Reporter: Ananta Muji (Sistem dan Teknologi Informasi, 2019)


scan for download