Expo ICEE 2023: Ajang Interaksi Langsung Mahasiswa dengan Industri

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id—Perkuliahan sepatutnya tidak semata-mata berpatokan pada kegiatan belajar-mengajar antara dosen dan mahasiswa di kelas. Mahasiswa perlu mengetahui tahapan yang akan mereka hadapi setelah menyelesaikan studi mereka, baik tingkat sarjana, maupun tingkat pascasarjana.

Mendukung pemahaman terkait prospek pekerjaan di masa depan, Himpunan Mahasiswa Sipil Institut Teknologi Bandung (HMS ITB) menyelenggarakan pameran secara langsung dan virtual. Pameran ini merupakan salah satu rangkaian acara tahunan HMS ITB yang bertajuk “ITB Civil Engineering Expo (ICEE) 2023”.

Pameran langsung (live expo) dilaksanakan di Multipurpose Hall CRCS ITB pada Kamis, 26 Januari 2023 sedangkan pameran virtual (virtual exhibition) dapat diakses secara terbuka pada 23 Januari hingga 19 Februari 2023 melalui tautan https://bit.ly/VirtexICEE2023. Beberapa perusahaan turut diundang sebagai peserta pameran (exhibitor) untuk menampilkan karya, materi, proyek, inovasi, dan berbagai informasi yang bermanfaat.

Kegiatan live expo dibuka dengan sambutan dari Ketua Pelaksana ICEE 2023, Romi Radiansyah. Dalam sambutannya, Romi menyampaikan terima kasih kepada panitia yang terus berjuang mempersiapkan rangkaian acara ICEE 2023. Ia berharap acara yang diusung pada ICEE 2023 dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa, terutama mahasiswa Teknik Sipil, HMS ITB, almamater, dan untuk masyarakat.

Selanjutnya, Ketua HMS ITB, Rafi Fadhila Wiyadi, pun menyampaikan sambutannya pada pameran ICEE 2023. Rafi menceritakan harapannya agar anggota HMS ITB lebih memahami dan terbuka pikirannya terkait dunia teknik sipil. Oleh karena itu, Rafi selalu berdiskusi dengan teman-teman untuk menciptakan sebuah acara yang mampu mewujudkan harapannya melalui ICEE 2023.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Dr. Eri Susanto Hariyadi, S.T., M.T., selaku Ketua Program Studi Sarjana Teknik Sipil ITB. Sebagai momen kembali terlaksananya acara tahunan ICEE secara luring setelah dua tahun, Eri mengapresiasi panitia yang membawa acara ini sebagai semangat baru. “Seperti slogan G20, yaitu ‘Recover Together, Recover Stronger’,” kata Eri pada sambutannya.

Menurutnya, pameran perusahaan seperti ini mendukung Quality Performance Index (QPI) perguruan tinggi, yaitu menghasilkan lulusan yang mengerti dunia di luar perkuliahan. Eri berharap mahasiswa dapat memetik pengetahuan baru dari rangkaian acara ICEE 2023 yang akan dilaksanakan selama 2-3 hari ke depan. Kemudian, Dr. Eri Susanto Hariyadi, S.T., M.T., membuka kegiatan pameran ICEE 2023 secara resmi melalui kegiatan simbolik pemukulan gong.

Mahasiswa dan masyarakat umum yang hadir di CRCS ITB akan disuguhi booth dari beberapa perusahaan, yaitu PT Wijaya Karya Beton Tbk, PT Delta Systech Indonesia, PT Jasa Marga Tbk, Skha Consulting, dan Meraki Asa. Setiap perusahaan membawakan citra masing-masing yang menarik pengunjung pameran. Umumnya, setiap perusahaan menyampaikan informasi terkait profil perusahaan, inovasi produk yang dikembangkan, dan informasi perekrutan karyawan.

Meskipun sebagian besar perusahaan yang hadir pada pameran bergerak di bidang infrastruktur, mahasiswa dengan latar belakang akademik lainnya tetap mampu memperoleh wawasan baru dari pameran perusahaan ini. Pengunjung dapat bertanya secara langsung kepada perwakilan tiap perusahaan yang menjaga booth. Selain itu, terdapat mata acara company session yang dapat disimak oleh pengunjung untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci dari tiap perusahaan.

ICEE 2023 tak usai pada pameran ini saja. Mahasiswa dan masyarakat umum dapat mengikuti rangkaian acara selanjutnya, antara lain:
1. Virtual Exhibition yang dapat diakses pada 23 Januari – 19 Februari 2023;
2. ICEE National Seminar 2023 pada Sabtu, 28 Januari 2023; dan
3. ICEE Summit 2023 pada Minggu, 29 Januari 2023.

Informasi selengkapnya untuk kegiatan ICEE 2023 dapat diakses di tautan https://bit.ly/VirtexICEE2023.

Reporter: Hanan Fadhilah Ramadhani (Teknik Sipil Angkatan 2019)

Foto: Dok. Panitia ICEE 2023


scan for download