ITB Berikan Pembekalan kepada Kaprodi Baru

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id – Institut Teknologi Bandung telah menetapkan Ketua Program Studi baru. Sebagai bentuk sosialisasi program dan kegiatan ITB, Direktorat Pendidikan ITB mengadakan pembekalan kepada semua Kaprodi baru, Senin (9/1/2023) di Aula Barat. Pembekalan yang diberikan adalah tentang Penerimaan Mahasiswa, Administrasi Akademik, dan Monitoring Evaluasi Pendidikan.

Pembekalan dibuka dengan pengarahan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M. Eng. Ia menjelaskan urgensi kurikulum, multikampus, dan pengaturan dalam merumuskan kebijakan di program studi. Direktur Pendidikan Dr.Techn. Ir. Arief Hariyanto menjadi moderator pada sesi tersebut.

Pemaparan pertama tentang administrasi akademik yang dijelaskan oleh Kepala Subdirektorat Administrasi Pendidikan Dr. Paramashanti, S.T., M.T. Lingkup kerja subdirektorat tersebut adalah pemrosesan serta pencatatan nilai dari program reguler hingga MBKM, pendaftaran ulang yang terdiri dari FRS dan PRS, pembukaan kelas, penawaran kelas, pembuatan kalender pendidikan, pembukaan wadah keringanan dan cicilan BPP, serta wisuda.

Pemaparan kedua disampaikan oleh Kepala Subdirektorat Monitoring dan Evaluasi Pendidikan Dr. Ir. Dianika Lestari, S.T., M.T. Ia menyampaikan topik monitoring, perpanjangan waktu studi, pengunduran diri, cuti, kuliah, dan pengaturan ruang kuliah.


Pemaparan terakhir adalah Penerimaan Mahasiswa oleh Kepala Subdirektorat Administrasi Penerimaan Mahasiswa Irvan Christiawan, S.T. Penerimaan mahasiswa dilakukan dalam bentuk reguler seperti sarjana serta pascasarjana dan nonreguler seperti inbound exchange yang terdiri dari student exchange, join course, sandwich program, kegiatan tur budaya, dan riset. Subdirektorat ini juga bertugas untuk administrasi, verifikasi, dan promosi penerimaan mahasiswa.

Setiap subdirektorat memiliki peran masing-masing-masing dalam menjalankan kegiatan akademik. Semua informasi umum terdapat di kalender akademik dan laman admission terutama untuk penerimaan mahasiswa. Media layanan akademik untuk mahasiswa dapat diajukan ke helpdesk atau Teams bagi tenaga pendidik.

Reporter: Alvina Putri Nabilah (Biologi, 2019)


scan for download