ITB Selenggarakan IGSC 2022 sebagai Wadah untuk Presentasi dan Publikasi Hasil Penelitian

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id—Sekolah Pascasarjana (SPs) ITB melaksanakan 3rd ITB’s Graduate School Conference atau yang dikenal dengan IGSC 2022 pada 21 Desember 2022 secara daring. Tujuan IGSC yang digagas atas kerja sama dengan LPPM ITB ini adalah untuk memfasilitasi para mahasiswa pascasarjana, baik internal ITB maupun dari perguruan tinggi lain, supaya dapat mempresentasikan dan mempublikasikan hasil penelitiannya.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng., memberikan sambutannya. Didampingi oleh Dekan Sekolah Pascasarjana, Prof. Dr. Suprijadi, M. Eng., Ketua LPPM ITB, Dr.Eng. Ir. Yuli Setyo Indartono, dan ketua pelaksana IGSC, Kiki Adi Kurnia, Ph.D., beliau membuka kegiatan 3rd IGSC 2022 dengan bersama-sama membunyikan angklung.

Mengambil tema “Enhancing Creativity in Research Through Developing Innovative Capabilities,” konferensi di akhir tahun ini berhasil menjaring 89 peserta dari total 117 pendaftar yang mengirimkan artikel penelitiannya. Terdapat 34 presentasi lisan dan sisanya merupakan poster presentation dan atau video presentation.

Narasumber yang memberikan paparannya adalah Prof. Yudi Darma, Ph.D., dari Fakultas MIPA ITB, Dr. Ella Whateley dari Monash University, Australia, dan Dr. Deni Khaerudini, M.Eng., dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Di akhir konferensi, Dekan Sekolah Pascasarjana, Prof. Dr. Suprijadi, M. Eng., didampingi oleh Sekretaris Bidang Penelitian LPPM, Dr. Rino Rakhmata Mukti, mengumumkan beberapa peserta yang berhasil memenangkan penghargaan dari tiga kategori, yaitu:

1. Best Poster:
- Aditya Pratama (SAPPK)
- Chairil Zidane (SAPPK)
- Adzkia Noerma Arifa (FITB)
- Pequinta Alnajua Wisyah (STEI)

2. Most-liked Poster:
- Perdina Nursidika (SF)
- Fardiah Qonita (SAPPK)

3. Best Presenter:
- Jordy Ardiyanto (FTMD)
- Sylvia Ayu Bethari (FMIPA)
- Kathlien Nurfajrin (FTSL)
- Bintang Putri Mahayana (SAPPK)


IGSC ini seyogyanya akan dilaksanakan dua kali setiap tahunnya. Artikel penelitian yang dipresentasikan akan melalui proses seleksi ketat sebelum diterbitkan dan disertakan pada prosiding. IGSC selanjutnya yang akan diselenggarakan pada Juli 2023.



scan for download