Pameran Produk Kimia, Ajang Mengenalkan Produk hasil Rancangan Mahasiswa Teknik Kimia ITB

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG,itb.ac.id-Prodi Teknik Kimia ITB mengadakan pameran Produk Kimia yang dilaksanakan pada Sabtu, 17 Desember 2022. Pameran tersebut diadakan di Ruang Galeri Labtek Biru yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa mata kuliah TK4104 Perancangan produk kimia beserta para dosen pengampu dan para juri. Pameran ini menjadi ajang publikasi hasil produk yang dirancang oleh para mahasiswa.

Produk yang dipamerkan merupakan hasil orisinil rancangan para mahasiswa sebagai peserta matakuliah TK4104 Perancangan Produk Kimia. Selama satu semester, para mahasiswa mengembangkan ide produk, dimulai dari brainstorming ide, analisis kebutuhan pasar, serta melakukan prototipe. Selama pengembangan ide para mahasiswa mendapatkan bimbingan serta arahan dari masing-masing dosen pengampu sehingga dapat menghasilkan produk yang memiliki manfaat serta menguntungkan jika dijual di pasaran.

Pada pameran ini produk yang dipamerkan dibagi menjadi tiga kategori yaitu food and packaging, body care, dan chemicals. Pada masing-masing kategori terdapat berbagai produk yang memiliki beragam manfaat. Minuman Teh angkak merupakan salah satu produk yang ditampilkan. Produk ini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, produk popok dari bambu yang ramah lingkungan serta memiliki sifat anti bocor. Serta berbagai produk seperti hair tonic dari madu, brownies yang dibuat dari tepung kulit pisang, biodegradable food wrap, sleepy spray dan masih banyak lagi.


Produk yang ditampilkan dinilai oleh para juri. PT Paragon dan PT Zekindo menjadi undangan sebagai juri tamu. Produk dinilai atas kebaruan inovasi, kebutuhan pasar, keuntungan, serta penerapan ilmu seperti dari aspek sustainability. Produk yang berhasil menang yaitu body scrub dari bonggol jagung, crayon dari natural wax, dan edible film sebagai kemasan dari mie porang. Pameran produk ini diharapkan dapat menjadi ajang penerapan ilmu Teknik Kimia serta dapat memberi inovasi produk di dunia Industri.

Reporter: Tarisa Putri (Teknik Kimia 2019)


scan for download