ITB Jalin Kerja Sama dengan Huayou Cobalt

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana

BANDUNG, itb.ac.id--Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi salah satu universitas yang menjalin kerja sama dengan Huayou Cobalt terkait pengembangan talenta Indonesia. Penandatanganan kerja sama dilakukan di Bali pada 12 November 2022 lalu.

Gao Baojun, Wakil Presiden Grup, mewakili perusahaan melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Kerja Sama dengan Rektor ITB, yang diwakili Prof. Dr.-Ing. Ir. Widjaja Martokusumo, selaku Sekretaris Institut, ITB.

Kerja sama tersebut berlangsung dalam Pertemuan Strategis Huayou Group di Indonesia “Kolaborasi Industri, Pendidikan, dan Penelitian”. Dengan tema "Young Dream, We Care", pertemuan tersebut bertujuan untuk bersama-sama membina tim talenta sebagai pendukung rantai industri baterai lithium energi baru di Indonesia.

Pada acara penandatanganan, Huayou Cobalt menandatangani nota kesepahaman dengan Kemenko Marves, Universitas Northeast, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, dan Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Selain itu, kedua belah pihak telah merealisasikan niat kerja sama pada berbagai tingkat yang mencakup kerja sama pelatihan talenta, pembinaan talenta jenjang jabatan, magang, dan cipta kerja untuk mahasiswa Pascasarjana, Sarjana, dan Diploma. "Sains dan teknologi adalah kekuatan produksi utama, dan talenta adalah sumber daya utama," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan dalam sambutannya.

Persetujuan lainnya antara Huayou Cobalt dengan Kemenko Marves serta berbagai universitas merupakan wujud nyata dari komitmen atas kemandirian teknologi maju industri hilir Indonesia. Untuk lebih menguasai teknologi industri hilir terkini, Indonesia perlu menambah jumlah insinyur dan personil profesional.

Gao Baojun, Wakil Presiden Grup, mewakili perusahaan untuk menandatangani Nota Kesepahaman Kerja Sama Proyek dengan Prof Dr.-Ing. Ir. Widjaja Martokusumo, Sekretaris Institut ITB. 


Sekretaris Institut ITB, Prof. Dr.-Ing. Ir. Widjaja Martokusumo, Ir. Ilyas Mansur, M.T., Dekan Politeknik Negeri Ujung Pandang, Feng Xiating, Rektor Universitas Northeast dan Anggota CAE, secara bergantian menyampaikan kata sambutan dan pidato yang mengungkapkan harapan atas kerja sama ini, dan menyatakan rasa kepercayaan diri dalam membina talenta unggul dan ekspektasi dalam pertukaran teknis, serta harapan untuk memperluas cakupan kerja sama.

Sumber: Rilis Huayou


scan for download