ITB Selenggarakan Acara “Onboarding” untuk Menyambut Dosen Baru

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id—Pada Jumat, 14 Oktober 2022, Institut Teknologi Bandung mengadakan acara talkshow di Aula Barat Kampus Ganesha khusus untuk para dosen baru ITB yang berstatus dosen tetap non-PNS, dan juga untuk para dosen yang baru kembali studi dari luar negeri. Acara ini terbagi menjadi dua sesi, yaitu Talkshow Kelembagaan dan Pembangunan Karakter bersama Rektor dan para Wakil Rektor, dan Talkshow Pengenalan Kampus bersama beberapa pimpinan Unit Kerja Pendukung.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya, Dr. Gusti Ayu Putri Saptawati S., M.Comm., mengatakan bahwa acara talkshow ini diadakan untuk menyambut para dosen baru dan memperkenalkan ITB sebagai institusi tempat mereka mengabdi. Program yang diberi tajuk Onboarding ini merupakan program penyambutan dosen baru yang baru pertama kali diadakan di ITB, mengingat belum pernah ada program orientasi dosen semacam ini sebelumnya. Program ini bertujuan untuk membantu para dosen baru untuk lebih memahami kultur dan working environment di ITB. Ke depannya, pilot program ini akan dievaluasi dan dilakukan improvement.

Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., juga hadir untuk memberikan sambutan. “Semoga Bapak/Ibu dosen baru mendapatkan pengalaman yang sama; bahwa ITB adalah a happy place for us. Yang membuat kita nyaman bekerja adalah lingkungannya, maka Bapak/Ibu harus mengenal lingkungan kerja dengan baik. Jika sudah kenal baik nanti jadi nyaman dan bisa bekerja optimal,” tuturnya.

Rektor beserta jajarannya juga telah memberikan arahan kepada para Dekan Fakultas/Sekolah untuk memberikan sambutan kepada para dosen baru, dan menunjuk seorang buddy atau dosen pendamping yang dapat dijadikan tempat bertanya untuk seorang dosen baru. Para buddy inilah yang akan menjawab segala pertanyaan para dosen baru, baik pertanyaan teknis maupun nonteknis. Dengan demikian, para dosen baru dapat segera memahami kultur dan mengikuti cara kerja di Fakultas/Sekolah masing-masing dengan baik dan benar.

Pada sesi pertama, yaitu Talkshow Kelembagaan dan Pembangunan Karakter, para dosen baru sebelumnya telah diminta mengirimkan pertanyaan tentang kelembagaan, yang nantinya akan dijawab oleh para wakil rektor terkait. Talkshow pada sesi ini dimoderatori oleh Dr. Dasapta Erwin Irawan, S.T., M.T., staf ahli Rektor dan dosen FITB.

Terdapat delapan belas pertanyaan dari para dosen baru, misalnya mengenai Renstra dan Renip ITB, penelitian, hak dan kewajiban dosen, persyaratan menjadi guru besar, dan lain-lain. Masing-masing pertanyaan dijawab oleh para wakil rektor terkait, yaitu Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng. (Wakil Rektor Bidang Akademik), Ir. Muhammad Abduh, M.T., Ph.D. (Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Keuangan), Dr. Ir. Gusti Ayu Saptawati S., M.Comm. (Wakil Rektor Bidang Sumber Daya), dan Prof. Ir. I Gede Wenten, M.Sc., Ph.D. (Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi).

Pada sesi kedua, diadakan Talkshow Pengenalan Kampus bersama dengan para pimpinan Unit Kerja Pendukung, yaitu Dr. Herto Dwi Ariesyady, S.T., M.T. (Direktur Sarana dan Prasarana), Mugi Sugiarto, S.Si., MAB. (Direktur Teknologi dan Informasi), Dr. Diky Mudakhir, S.Si., M.Si. (Kepala UPT Layanan Kesehatan), Dr. Taufiq Mulyanto, S.T. (Kepala UPT Saraga dan Sabuga), dan Ena Sukmana, S.Sos. (Kepala UPT Perpustakaan), yang dimoderatori oleh Roslina Sawitri, M.Pd. Pada acara ini, masing-masing pimpinan unit kerja memberikan informasi yang penting diketahui oleh para dosen baru.


scan for download