CDT 2022, Mahasiswa Baru ITB Dibekali Karakter "AIR"

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, kemahasiswaan.itb.ac.id—Pendidikan karakter sangat diperlukan di lingkungan pendidikan. Lewat aktivitas tersebut, apalagi untuk mahasiswa, diyakini dapat membuat mereka menjadi pribadi yang siap menghadapi perubahan di masa depan.

Mahasiswa yang berkarakter baik diperlukan untuk membuat perubahan. Dalam rangka mendukung pengembangan karakter mahasiswa, Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB menggelar kegiatan Character Development Training (CDT) pada 10-11 Agustus 2022 lalu bertempat di ITB Kampus Ganesha dan ITB Kampus Jatinangor.

Ketua Kegiatan CDT 2022, Alfini mengatakan, kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru angkatan 2022, sebagai bagian dari rangkaian penerimaan mahasiswa baru ITB.

Menurut Alfini, "Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa baru dalam pendalaman karakter mahasiswa ITB dan pengenalan kehidupan perkuliahan,” ujarnya seperti dikutip dari berita Direktorat Kemahasiswaan ITB.

Ia menuturkan, pada kegiatan ini mahasiswa baru ditanamkan beberapa karakter utama seperti Adaptif, Integritas dan Rendah hati yang disingkat menjadi AIR. Karakter ini merupakan hasil FGD dari pihak Ditmawa, Dosen, Ormawa, dan mahasiswa di mana penentuan ketiga karakter ini berdasarkan kebutuhan manusia dalam menghadapi segala perubahan yang sangat cepat dan tidak menentu. Dalam kegiatan ini, mahasiswa baru juga diberikan tiga modul karakter yang materi modulnya disampaikan oleh dosen dari masing-masing fakultas dan psekolahnya.

Pada pelaksanaannya, CDT hari pertama diikuti oleh sekitar 4800 lebih mahasiswa ITB. Jumlah tersebut kemudian dibagi menjadi 2, yakni sekitar 4000an mahasiswa di ITB kampus Ganesha dan sisanya di ITB Kampus Jatinangor. Kegiatan yang dilaksanakan secara luring ini mendapat feedback yang cukup positif dari para mahasiswa. Terlebih, dua tahun belakangan, pelaksaanaan kegiatan pengembangan karakter semacam ini biasanya dilakukan secara daring.

“Kegiatan dilaksanakan sejak pukul 7 pagi hingga 1 siang. Adapun kegiatan diisi dengan materi-materi yang berkaitan dengan pengembangan karakter AIR tadi. Materi pun disampaikan oleh dosen dari setiap fakultas masing-masing. Harapannya agar mahasiswa lebih terpicu untuk dapat memahami dan mendalami apa itu karakter AIR dan bagaimana aplikasinya dalam dunia perkuliahan nanti,” jelas Alfini.

Menurutnya, kegiatan CDT sangat penting untuk diikuti oleh mahasiswa baru ITB. Pasalnya, pada kegiatan ini, mahasiswa juga akan diperkenalkan dengan serba-serbi kegiatan yang ada di kampus ITB. Tak hanya itu, mahasiswa juga diajak untuk lebih tangguh dan mampu bertahan menjalani kehidupan perkuliahan yang begitu dinamis.

“Semoga kegiatan ini bisa memunculkan energi positif, baik itu bagi mahasiswa, panitianya, bahkan dengan para dosen pemateri, untuk bersama-sama berjuang dan bertahan dalam menjalani masa-masa di perkuliahan. Karenanya, pengembangan karakter AIR bagi mahasiswa sangat penting agar mereka juga terpicu semangatnya dalam belajar berbagai hal selama menjadi mahasiswa,” pungkasnya.

Sumber: Ditmawa ITB


scan for download