Antusiasme Mahasiswa Internasional ITB dalam Tur Kampus Ganesha

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana

BANDUNG, itb.ac.id–Sebanyak 58 mahasiswa internasional Institut Teknologi Bandung melaksanakan perjalanan tur kampus Ganesha, Senin (15/8/2022) lalu. Acara ini merupakan rangkaian mata acara dari Program Penyambutan Mahasiswa Baru Internasional Tahun Akademik 2022/2023.

Perjalanan tur dimulai dari gerbang utama atau gerbang selatan menuju ke perpustakaan. Petugas dari perpustakaan Kampus Ganesha ITB memberikan pemaparan informasi fasilitas di perpustakaan. Sebagai perguruan tinggi dengan multikampus, petugas perpustakaan juga memberikan informasi perpustakaan yang berada di Kampus Jatinangor dan Kampus Cirebon.

Selain itu, mahasiswa juga diperkenalkan dengan aturan, situs, dan aplikasi untuk dapat meminjam buku maupun jurnal. Setelah sesi pemaparan, mahasiswa beruntung mendapatkan hadiah dari perpustakaan ITB.

Mahasiswa diarahkan menuju area American Corner hingga lantai empat gedung perpustakaan agar dapat mengenal tata letak perpustakaan. Pada setiap koridor tangga terdapat kamar mandi. Setiap rak buku juga sudah diurutkan secara baik dengan penunjuk informasi yang jelas, sehingga mahasiswa tidak diperkenankan untuk menyimpan dan memindahkan buku tanpa sepengetahuan petugas. Pada setiap lantai gedung perpustakaan diberikan peta sehingga mahasiswa tidak perlu khawatir tersesat.

Setelah tur perpustakaan, para buddies memberikan pengarahan kepada mahasiswa asing untuk tur Kampus Ganesha selanjutnya. Perjalanan mengenalkan Kampus Ganesha dimulai dari gerbang utara hingga kembali ke gerbang selatan. Selama perjalanan buddies akan berhenti sejenak untuk menjelaskan keunikan maupun fungsi dari lokasi tersebut. Contohnya adalah Plaza Widya Nusantara sebagai lokasi terbaik untuk berfoto dan Labtek yang menjadi latar belakang foto.

Salah satu mahasiswa yang mengikuti Student Orientation Day 2022 adalah Abdullah. Dia adalah mahasiswa asal Yaman yang sekarang sedang menempuh pendidikan di Prodi Arsitektur. Dalam bahasa Inggris, Abdullah mengatakan, "People here in Bandung are friendly. Also ITB have positive impression and strict academic staff," ujar Abdullah. Hal itulah yang menjadi alasan bagi dia untuk kuliah di ITB.

Selama mengikuti kegiatan pengenalan kampus, Abdullah tertarik dengan arsitektural ITB. Mahasiswa program beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) itu juga menyukai Bandung karena punya gaya bangunan yang bagus sesuai dengan minatnya di bidang arsitektur.

Tur kampus Ganesha dilaksanakan pada Senin dan satu minggu sebelum masuk perkuliahan. Hal ini dilakukan agar mahasiswa internasional dapat merasakan atmosfer berkemahasiswaan di ITB, bahkan banyak yang tertarik untuk mengetahui kegiatan yang dilaksanakan oleh himpunan, unit, dan KM ITB. Para mahasiswa internasional dan para buddies juga terbawa oleh kehangatan di kampus Ganesha sehingga terjadi perbincangan ringan untuk menceritakan kisah di negara masing-masing selain menceritakan kegiatan OSKM ITB.

Reporter: Alvina Putri Nabilah (Biologi, 2019)


scan for download