Chatleen Arcelia, Mahasiswa ITB Peraih Juara Utama IPSF Compounding Event Inter-Regional Competition 2022

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana

BANDUNG, itb.ac.id–Mahasiswi tingkat akhir Sains dan Teknologi Farmasi ITB, Chatleen Arcelia memenangkan juara utama Compounding Event Inter-Regional Competition 2022 yang diselenggarakan oleh International Pharmacy Students Federation (IPSF).

Dilaksanakan secara daring selama 3 bulan pada Maret-Mei, pada acara puncaknya, Kamis (19/5/2022), Chatleen berhasil menyabet juara utama dengan judul studi “Topical Formulation: Calamine Lotion” yang mewakili Indonesia, Asian Pacific Regional Office (APRO), dengan Runner up 1 dan 2 berturut-turut dijuarai oleh mahasiswa dari Austria (EuRO) dan Brazil (PARO).

Kompetisi Compounding Inter-Regional ini merupakan perlombaan kefarmasian yang berhubungan erat dengan proses formulasi dan cara pembuatan obat. Topik dalam lomba ini mengarah pada farmasetika terutama tentang sediaan topikal berupa sediaan yang digunakan di kulit seperti krim hingga lotion.

Setelah mengikuti lomba ini Chatleen berharap dapat mendapat banyak pengalaman yang kesempatan untuk berkembang. “Ingin menambah pengalaman lomba, memanfaatkan waktu yang ada, dan ambil kesempatan saja,” ujar Chatleen.

Kompetisi tersebut memiliki tahapan yang cukup panjang, Pre-liminary dengan pengerjaan soal dan final, berupa pengerjaan studi kasus beserta presentasi. Persiapan yang diperlukan oleh Chatleen sendiri meliputi review materi di kelas tentang topik farmasetika dan teknologi sediaan farmasi. Ketika ditanya mengenai tips, Chatleen mengaku telah punya gambaran dari pengalaman sebelumnya. “Tipsnya mencari tau karakteristik soal yang bakal dikeluarin seperti apa. Sebenarnya, karena saya punya pengalaman lomba pada skala Asia Pasifik, jadi lebih punya gambaran,” tutur Chatleen.

Chatleen juga menambahkan, latihan presentasi dan mencari tahu banyak informasi untuk memperkirakan pertanyaan yang akan diajukan saat Q&A sangat penting untuk dilakukan. Dalam memperoleh wawasan, selain review kelas, Chatleen juga aktif berdiskusi hingga bertukar pengalaman bersama teman satu fakultas terkait materi-materi yang telah dipelajari.

Reporter: Ega Anda Rista (Kewirausahaan, 2023)


scan for download