ITB dan Kalla Group Jalin Kerja Sama Pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi dan MBKM

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id--Institut Teknologi Bandung (ITB) menjalin nota kesepahaman bersama atau MoU dengan PT Hadji Kalla (Kalla Group) di bidang Pengembangan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat pada Selasa (14/6/2021). Penandatanganan MoU tersebut dilakukan di Gedung CRCS, Kampus ITB Ganesha, oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (WRAM) ITB Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng., dan Direktur PT Hadji Kalla Disa Rizky Novianty.

Adapun cakupan dari kerja sama yang dijalin tersebut di antaranya adalah program Kalla Goes To Campus (Pengenalan Dunia Industri), Research Collaboration (Mahasiswa Tingkat Akhir dan Dosen), University Referrals (Referensi Mahasiswa Berprestasi ke Perusahaan), Kalla Future Leaders Program, Kalla Internship Program kolaborasi Kampus Merdeka, dan agenda lain yang telah disepakati.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng. mengatakan bahwa, ITB menyambut baik atas kehadiran Kalla Group di Kampus ITB Ganesha. Kurikulum di ITB memang dirancang inline dengan dunia industri. Namun pada penerapannya, jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, hari ini yang sangat kentara adalah penerapan teknologi.

Harapannya, Kerja sama antara kedua belah pihak dapat memperkaya penerapan hal ini. Selain itu, program kerja sama dengan industri pada MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), hal ini perlu dikembangkan lebih lanjut, karena sebetulnya program kerja sama dengan industri ini telah lama ITB lakukan, jauh sebelum program MBKM ada.

"Kerja sama ini harus dimanfaatkan dengan baik, karena ke depan mahasiswa setelah lulus akan berhadapan dengan dunia industri, dan nanti mahasiswa ini lah yang akan menjadi pemimpin-pemimpin di dunia industri tersebut. Kalla Group merupakan perusahaan yang telah bergerak di berbagai bidang. Program ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh mahasiswa ITB", tambahnya.

Sementara itu, Disa Rizky Novianty dalam sambutannya mengatakan, bahwa Kalla Group sangat terbuka untuk bekerja sama di berbagai bidang dengan ITB. Selain itu, kerja sama Kalla Group dengan ITB sudah sejak lama, dan saya berharap bahwa kerja sama ini dapat terus terjalin dengan baik ke depannya dan semoga dapat menjadi kebaikan bagi kita bersama." Alumni ITB banyak yang telah berkarir di Kalla Group, beberapa Direktur Kalla Group merupakan Alumni ITB", imbuh People & Process Director itu.

Pada acara MoU tersebut, dari ITB turut hadir Kepala Biro Kemitraan Prof. Dr. Taufiq Hidajat, D.E.A., Direktur Kemahasiswaan Dr. G. Prasetyo Adhitama, S.Sn., M.Sn., Kasubdit Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan Mahasiswa Hafiz Aziz Ahmad, S.Sn., M.Des., Ph.D. Selain itu, dari Kalla Group turut hadir Muh. Ilhamsyah Ekaputra (Employer Branding & HRIS Dept. Head). Pada kesempatan ini, hadir pula perwakilan mahasiswa dari berbagai Himpunan Mahasiswa di lingkungan ITB, mahasiswa berprestasi, dan mahasiswa yang berasal dari Sulawesi Selatan.


scan for download