Wakili Indonesia, Startup Binaan ITB Karla Bionics Menang Kompetisi Internasional CYBATHLON Challenges 2022

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana

BANDUNG, itb.ac.id–Institut Teknologi Bandung banyak menghasilkan startup-startup di bidang inovasi teknologi. Salah satunya adalah Karla Bionics, startup binaan ITB yang bergerak di bidang tangan palsu prostetik.

Startup ini beranggotakan Dosen Manajemen Rekayasa ITB, Wildan Trusaji, S.T, M.T. (Manajemen Rekayasa 2010) serta 3 mahasiswa dan 2 alumni ITB yaitu Sekar Kedaton (Manajemen Rekayasa 2019), Alya Hanun (Manajemen Rekayasa 2019), Andy Lucky (Teknik Elektro 2018), Syaiful Hammam (Desain Produk 2014), dan Nurseptian Pratomo (Teknik Mesin 2010).

Mereka berhasil menjadi inovator yang berhasil menciptakan dan mengimplementasikan alat berupa tangan prostetik untuk membantu kehidupan manusia secara langsung. “Tim kami memiliki nama Karla Bionics dan juga merupakan startup inkubasi dari Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan ITB (LPIK-ITB),” ujar Sekar Kedaton kepada Reporter Humas ITB pada Rabu (1/6/2022).

Pada ajang Cybathlon 2022 yang diselenggarakan 17 Mei 2022 ini, tim Karla Bionics berhasil menjadi juara 3 dari 5 tim internasional yang berasal dari berbagai negara seperti Perancis, Swedia, dan Spanyol pada bidang arm prosthesis race. Cybathlon merupakan acara multiolahraga dan kompetisi internasional dari ETH Zurich, Swiss yang menjadi wadah untuk para tuna daksa bersaing satu sama lain untuk menyelesaikan tugas sehari-hari dengan menggunakan sistem bantuan teknis yang canggih. Tiga jenis perlombaan yang diselenggarakan pada Cybathlon adalah perlombaan yang memanfaatkan kursi roda, tangan prostetik, dan exoskeleton.

Tim Karla Bionics menciptakan alat berupa tangan prostetik dengan nama Lengan Prostesis K22BP. Alat protesis bertenaga tubuh ini menggunakan prinsip mekanisme whippletree untuk menciptakan fitur pegangan yang intuitif. Tim Karla Bionics mengadaptasi struktur sepatu lari untuk membuat soket yang adaptif dan nyaman. Bahan yang digunakan untuk pembuatan alat ini adalah polyvinyl chloride yang diproses dengan teknik thermoforming sehingga dapat terlihat seperti 'bionik'. Pemanfaatan dari bahan polyvinyl chloride ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri pengguna.

Pengaplikasian Lengan Prostesis K22BP ini dilakukan kepada pengguna produk atau pilot yaitu seorang rock drummer yang juga seorang tuna daksa bernama Yayat Supriyatna. Yayat telah bekerja sama dengan Karla Bionics selama 3 tahun untuk mengembangkan tangan prostetik yang inovatif. Melalui perjalanannya bersama Karla Bionics, Yayat percaya bahwa kondisi yang ia alami bukanlah suatu kelemahan, melainkan suatu keunikan yang dapat membuka banyak kemungkinan untuk dirinya dalam mencapai hal-hal baru. Bahkan, berkat bantuan Lengan Prostesis K22BP ini, Yayat dapat kembali berkarya dengan menciptakan drum cover di Youtube. Berbagai hasil karya Yayat Supriyatna dapat disaksikan melalui tautan berikut: Youtube Yayat Supriyatna.

Reporter: Yoel Enrico Meiliano (Teknik Pangan, 2020)


scan for download