Tanoto Student Research Award 2022 Telah Dibuka

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) bekerja sama dengan Tanoto Foundation menyosialisasikan informasi pembukaan program Tanoto Student Research Award (TSRA) pada Sabtu, 16 April 2022 melalui pertemuan Zoom Meeting.

Sosialisasi tersebut disamapaikan oleh Ketua Panitia TSRA 2022, Dr. Kusprasapta Mutijarsa, S.T., M.T. Kegiatan ini dibuka terlebih dahulu oleh Direktur Kemahasiswaan ITB Dr. G. Prasetyo Adhitama, S.Sn., M.Sn., dengan moderator Ibnu Ubaidillah.

Tanoto Student Research Award (TSRA) adalah sebuah kompetisi inovasi yang digagas oleh Tanoto Foundation bagi mahasiswa untuk menciptakan solusi nyata bagi permasalahan yang ada di tengah masyarakat. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk kolaborasi multidisiplin, yaitu nantinya peserta TSRA 2022 akan membentuk sebuah tim dengan anggota yang berasal dari latar belakang disiplin ilmu yang beragam dan Perguruan Tinggi yang berbeda. Hasil akhir dari kegiatan TSRA 2022 diwujudkan dalam bentuk purwarupa (prototipe) produk inovasi.

1. Interdisciplinary Capstone Design Challenge (ICDC - Design Challenge)

Interdisciplinary Capstone Design Challenge (ICDC) adalah kompetisi yang memanfaatkan kolaborasi interdisiplin dari lima Perguruan Tinggi Negeri yang berbeda untuk membentuk solusi inovatif terhadap permasalahan nyata dalam masyarakat dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDG). Nantinya, seluruh tim akan melaksanakan presentasi dan expo untuk memamerkan purwarupa yang telah dibangun, serta kegiatan kegiatan cultural day dan award ceremonial. ICDC adalah salah satu bentuk pembelajaran studi/ proyek independen program Kampus Merdeka sehingga kegiatan ini dapat dikonversikan ke dalam mata kuliah yang setara dengan 5-7 SKS.
Persyaratan Umum Pendaftaran Interdisciplinary Capstone Design Challenge

Interdisciplinary Capstone Design Challenge TSRA 2022 dapat diikuti oleh mahasiswa dengan kriteria:

1. Mahasiswa aktif program pendidikan S1 atau Diploma pada Perguruan Tinggi (PT) dari Institut Teknologi Bandung, IPB University, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, dan Universitas Indonesia.

2. Masing-masing PT dapat mengirimkan hingga 25 mahasiswa dari berbagai program studi, dari berbagai latar belakang bidang ilmu yang berbeda, dengan proporsi minimal 50% dari program studi teknik.

3. Peserta TSRA 2022 adalah delegasi mahasiswa yang ditentukan oleh PT asal peserta. Surat keterangan delegasi peserta TSRA 2022 ditandatangani oleh Pimpinan Perguruan Tinggi.

4. Peserta diutamakan mahasiswa tahun ke-3 atau ke-4, yang senang akan tantangan dan terbuka akan hal baru, serta dapat bekerjasama dalam tim.

5. Memiliki komitmen untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan hingga akhir.

2. Interdisciplinary Design Virtual Course (IDVC - Virtual Course)

Interdisciplinary Design Virtual Course (IDVC) merupakan kegiatan kuliah daring (online) terjadwal yang wajib diikuti oleh seluruh peserta Interdisciplinary Capstone Design Challenge TSRA 2022. Virtual Course terbuka bagi mahasiswa Perguruan Tinggi di Indonesia sebagai kegiatan kuliah credit earning Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang setara dengan 2-3 SKS.

Materi IDVC mencakup:

1. Multidisciplinary Teams and the Importance of Teamwork

2. Engineering Design and Practice Sequence

3. Idea Development: Create Innovative Ideas

4. Effective Communications: Basic Skills in Constructive Communication

5. Leadership: Practical Leadership Skills

6. Decision Analysis and Multi-Criteria Decision Making

7. Introduction to Intellectual Property

8. Fundamentals of Manufacturing Processes

9. Market Research and Consumer Behavior

10. Introduction to Engineering Ethics

11. Design thinking

12. Startup and Entrepreneurship

Periode pendaftaran ICDC dan IDVC*: 4 - 24 April 2022

*) bersifat tentatif, bila ada perubahan akan diumumkan pada website TSRA 2022
untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran dapat diakses pada laman
https://tsra2022.itb.ac.id/

Reporter: Andrew Benaldo Adikara (Teknik Pangan/FTI, 2020)


scan for download