“Naruto”, Program Bakti Sosial Tutor Asrama ITB

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id – Ingat dan peduli akan sesama merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh manusia sebagai makhluk sosial. Bentuk kepedulian kita bisa disalurkan melalui banyak hal. Seperti yang telah dilakukan Tutor Asrama ITB yang kembali menyelenggarakan kegiatan bakti sosial melalui program “Naruto”.

Naruto adalah akronim dari Nangor Turun Tangan. Program kerja ini merupakan kegiatan bakti sosial berupa kunjungan ke Panti Sosial Asuhan Anak Aisyiyah pada Sabtu (26/3/2022) lalu. Kegiatan bakti sosial ini merupakan wujud kepedulian Tutor Asrama ITB dengan memberikan bantuan berupa sembako dan keperluan alat tulis kepada anak–anak panti dan pengurus Panti Sosial Asuhan Anak Aisyiyah.

Kegiatan ini diisi oleh anak-anak panti yang berasal dari tingkat SD hingga SMA. Kegiatan dimulai tepat pukul 13.00 WIB, diawali dengan pembukaan dan sambutan dari Akbar Nuru selaku ketua pelaksana acara dan Raja selaku perwakilan dari Panti Sosial Asuhan Anak Aisyiyah. Dalam sambutannya, Raja mengucapkan banyak terima kasih untuk mahasiswa ITB yang mau hadir di Panti Sosial Asuhan Anak Aisyiyah. “Saya berharap nantinya mahasiswa dapat berbagi pengalaman dan ide atau gagasan kreatif kepada anak – anak panti di sini,” ujar Raja.

Acara berlanjut ke sesi berkelompok. Di kelompok ini, anak-anak akan membuat kerajinan dari bahan bekas. Berdasarkan bahannya, kerajinan tersebut dibagi menjadi tiga jenis yakni kerajinan dari pipet bekas, koran bekas, dan botol bekas.

Setelah selesai membuat kerajinan, acara berlanjut ke sharing session terkait perkuliahan di ITB untuk kelompok usia SMA dan sosialisasi mencuci tangan dengan efektif untuk kelompok usia TK, dan SD. Acara dilanjutkan dengan pemberian apresiasi berupa makanan ringan dan alat tulis untuk seluruh partisipan. Serangkaian acara utama diakhiri dengan foto bersama serta pemberian cenderamata kepada perwakilan Panti Sosial Asuhan Anak Aisyiyah.

Menutup seluruh acara hari itu, Tutor Asrama ITB memberikan sembako kepada pihak pengelola Panti Sosial Asuhan Anak Aisyiyah. “Terima kasih banyak atas kegiatan dan bantuannya,” ujar Yati, selaku pengurus Panti Sosial Asuhan Anak Aisyiyah.

Melalui kegiatan ini, diharapkan setiap individu dapat menumbuhkan rasa kepedulian dan jiwa sosial kepada sesama. “Saya sangat senang kegiatan ‘Naruto’ dapat berjalan dengan baik. Saya rasa, kegiatan seperti ini tidak boleh hilang pada kepengurusan Tutor Asrama ITB berikutnya karena sangat penting untuk menjalin silahturahmi terhadap masyarakat sekitar melalui kegitan bakti sosoial,” ujar Akbar Nuru (TPSDA’19) setelah terlaksananya kegiatan ini.

Reporter: Kevin Agriva Ginting (Teknik Geodesi dan Geomatika, 2020)


scan for download