ITB Career Center Selenggarakan Talkshow Menelusuri Karier Lewat Program Akselerasi BTPN

By Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id – Pada Kamis (10/2/2022), ITB Career Center mengadakan talkshow dengan Bank BTPN mengenai program akselerasi yang ditawarkan. Acara ini dilaksananakan secara daring dan mengundang dua narasumber yang dulunya adalah mahasiswa ITB untuk menceritakan pengalaman mereka mengikuti program akselerasi BTPN.

Salah satu program akselerasi yang ada di PT BTPN adalah CAP (Corporate Acceleration Program). Sebagai program generalis yang terbuka bagi seluruh mahasiswa dari bermacam bidang studi, para peserta dapat memperoleh pengalaman di berbagai bidang pekerjaan agar mereka menambah wawasan tentang suasana dan lingkungan kerja. Adapun program spesialis lain yang merujuk ke bidang spesifik seperti IT.

Sesi pertama dipimpin oleh Sarah Rika Jayatri Barus, alumni ITB 2017 teknik industri dan lulusan CAP batch 2 yang saat ini bekerja sebagai digital banking product manager. “Awalnya saya ikut program ini karena saya penasaran dengan dunia digital business,” dia bercerita. “Sejak itu saya mulai cari kesempatan untuk bekerja dan belajar di bidang digital business dan banking.”

Sebagai peserta CAP, Sarah menjalani pelatihan selama beberapa bulan, dimana dia belajar materi-materi softskills sebelum masuk ke periode role rotation. Periode ini yang bisa dibilang unik untuk perusahaan BTPN adalah saat di mana para peserta diberi peran dan tugas dalam proyek. Sarah bersama tim dia melakukan proyek selama 5 bulan dengan mewawancarai dan menganalisa situasi peruangan masyarakat. Dari pengalaman itu, dia saat ini, dia sadar bertapa pentingnya inklusi finansial disediakan kepada masyarakat. Oleh karena itu, role rotation kali ini dia memilih menjadi innovation and growth product manager di Genius.

Pekerjaan innovation and growth product manager terdiri oleh explorasi dan analisa potensi penggunaan aplikasi serta mengembangkan fitur lebih maju untuk pemakaian pengguna. Sarah senang dengan peran saat ini karena dia mendapat kesempatan untuk belajar dan membantu orang-orang dalam bidang banking dan bisnis, dua hal yang dia tertarik untuk mendalami sejak lulus. “Hal terpenting dalam mendaftar ke program ini adalah mencari aspirasi karier dan kontribusi ke masyarakat. Kedua adalah harus mengetahui kekuatan masing-masing,” dia menyimpulkan. “Dari CAP saya dapat kesempatan untuk bertemu dengan mentor-mentor berpengalaman, menemukan minat diri sendiri serta menbangun relasi dengan orang-orang.”

Sesi sharing berikutnya dibawa oleh Credit Analyst Corporate Banking, Dian Putri Retnosari. Sebagai alumni ITB 2018 jurusan teknik lingkungan, dia ingat diri sendiri bingung ingin fokus ke bidang apa pada masa kuliah. Dia lalu mendaftarkan diri ke CAP batch 3 dengan harapan dapat mengembangkan potensi diri sendiri sekaligus Dia alumni ITB 2018 teknik lingkungan sekaligus mencoba bekerja di berbagai bidang.

Dian juga mengikuti in-class program selama 3 bulan, di mana dia menjalankan berbagai proyek. Selain terlibat dalam proyek, Dian mengerjakan penelitian mengenai lingkungan kerja melalui wawancara dan diskusi dengan masyarakat. Dari situ peserta harus membuat presentasi hasil penelitian sebagai salah satu kriteria peserta CAP. Dia dan peserta lainnya juga mengikuti program “Jelajah Indonesia” di mana mereka mengunjungi daerah-daerah untuk mempromosikan semangat kewirauhasaan kepada masyarakat sekitar. Dari situ dia menemukan minat dan karier ke depannya.

Informasi lebih lanjut mengenai program-program internship yang ada di PT BTPN dapat dilihat melalui link https://www.morethanajob.id/

Reporter: Ruth Nathania (Teknik Lingkungan, 2019)


scan for download