BPUDL ITB Umumkan Jajaran Direksi Baru PT LAPI Ganeshatama Consulting

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id--Badan Pengelola Usaha dan Dana Lestari (BPUDL) ITB mengumumkan jajaran direksi baru PT LAPI Ganeshatama Consulting di Hotel Sawunggaling, Senin (7/6/2021). Penetapan jajaran direksi tersebut berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa yang digelar Jumat (4/6/2021) lalu sehubungan pengunduran diri Direktur Utama dan Direktur sebelumnya, yaitu Dr. Wisjnuprapto dan Ir. Rochhardjanto dengan alasan usia.

Adapun susunan Direksi dan Komisaris PT LAPI GTC periode 2021—2024 diisi oleh Ir. Leksananto Gondodiwiryo M.Sc., sebagai Direktur Utama, Dedi Apriadi, S.T., M.T., Ph.D., sebagai Direktur, dan Dr. Irwan Noezar sebagai Komisaris.

"BPUDL ITB telah menjaring sejumlah calon, baik dari kalangan internal ITB maupun dari kalangan profesional dan melakukan seleksi sesuai kriteria yang ditetapkan oleh Rektor ITB, antara lain, memiliki integritas terhadap ITB, memiliki rekam jejak kerja sama dengan PT LAPI GTC, memiliki jaringan dan akses yang luas dan mobilitas yang tinggi, terlebih pada masa pandemi Covid-19 serta visi dan misi yang sesuai dengan arah pengembangan PT LAPI GTC," ujar Kepala BPUDL ITB Deddy Priatmodjo Koesindaroto, Ph.D.

Usai pengumuman jajaran direksi baru, Direktur Utama PT LAPI GTC Ir. Leksananto Gondodiwiryo M.Sc., mengatakan PT LAPI GTC akan menjadi wadah bagi dosen dan Sivitas Akademika ITB untuk mengamplikasikan keilmuannya dalam rangka berkontribusi pada pembangunan di Indonesia. "Terima kasih atas kepercayaan dan amanah ini, mohon dari pimpinan dapat memberikan arahan kepada kepengurusan baru ini," ujarnya.

Direktur PT LAPI GTC Dedi Apriadi, S.T., M.T., Ph.D., berharap di kepengurusan baru ini dapat terjalin sinergi dan kerja sama tim yang bagus. Sementara itu, Komisaris Dr. Irwan Noezar berharap kehadiran PT LAPI GTC dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan ITB, yaitu menghadirkan kepakaran dari Staf Pengajar ITB. Ia juga bertekad di kepengurusan baru ini akan menjalin hubungan baik dengan pihak luar baik pemerintah maupun swasta.

PT LAPI GTC merupakan salah satu perusahaan ITB yang dikelola BPUDL dengan kepemilikan saham 80% dan aset senilai Rp28 M. Perusahaan ini didirikan sejak tahun 1992 dan bergerak dalam bidang usaha jasa layanan konsultansi mencakup industri, pemerintah, pembangunan daerah, minyak dan gas, mineral, sistem informatika, lingkungan, dan manajemen. Pada tahun buku 2020, PT LAPI GTC mencatatkan laba bersih sebesar Rp6 miliar atau melebihi target perusahaan sebesar Rp4,3 miliar. "PT LAPI GTC mempunyai performance yang bagus, target yang dicanangkan di tahun 2020 berhasil dilampaui," ujar Kepala BPUDL.

ITB memiliki harapan besar terhadap PT LAPI GTC, mengingat PT LAPI GTC adalah unit usaha strategis yang dimiliki oleh ITB dengan reputasi yang sangat baik. ITB mengharapkan PT LAPI GTC dapat bergerak lebih lincah sesuai visi dan misi perusahaan dan terus menelurkan inovasi layanan baru dengan dukungan teknologi sehingga dapat memberikan nilai manfaat serta kontribusi secara strategis untuk kepentingan ITB dan kepentingan nasional jangka panjang.



scan for download