Vaksinasi Dosis Kedua COVID-19 di ITB Menyasar 3.816 Dosen, Tendik, dan Lansia

By Adi Permana

Editor Vera Citra Utami

BANDUNG, itb.ac.id--Institut Teknologi Bandung kembali melaksanakan vaksinasi dosis kedua COVID-19 kepada dosen, tenaga kependidikan, dan lansia di lingkungan ITB. Vaksinasi kedua ini berlangsung dari tanggal 19-23 April 2021 di Gedung Sasana Budaya Ganesha ITB.

Pada vaksinasi kedua ini, total jumlah sasaran vaksinasi adalah berjumlah 3.816 orang. Jumlah ini lebih banyak dari vaksinasi tahap pertama yaitu 3.422 orang di bulan Maret lalu. Penambahan tersebut terjadi karena terdapat penambahan data, serta pada vaksinasi kedua ini diperbanyak jatah untuk lansia dari sivitias akademika ITB dan juga umum.

Kepala UPT Layanan Kesehatan ITB Diky Mudhakir, S.Si., M.Si., Ph.D., mengatakan, jumlah lansia yang dilakukan vaksinasi pada tahap kedua ini berjumlah 409 orang. Dari jumlah tersebut ada yang tergolong dosen juga nondosen (umum). Menurutnya, lansia dapat melakukan vaksinasi di Sabuga sebagai kontribusi ITB dalam program vaksinasi di Jawa Barat.

"Para lansia ini umumnya akan dilakukan vaksinasi di hari terakhir," ucapnya.
Ia menuturkan, vaksinasi tahap II ini, ITB bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat untuk pengadaan vaksin, dan pelaksanaannya dilakukan oleh Tim Vaksin ITB dengan Rumah Sakit Hasan Sadikit Bandung. "Untuk support tenaga para medisnya ada dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia, dan Poltekes," ujarnya.

Perharinya, vaksinasi ini dibatasi untuk 800 orang, di hari pertama sampai hari keempat. Sementara hari kelima itu sisanya, yaitu 616 orang. Jadwal layanan vaksinasi ini dilakukan dari pukul 08.00-13.30 WIB. Khusus hari kelima diupayakan selesai sampai pukul 11.00 WIB.

Selama proses vaksinasi tersebut, pihak penyelenggara vaksinasi ITB berharap setiap orang bisa mematuhi protokol kesehatan 5 M (menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas) seketat mungkin. Hal tersebut penting dilakukan agar pandemi COVID-19 segera berakhir.


scan for download