Kabin Sterilisasi Masker N-95 Buatan ITB Kembali Diserahkan ke RSUD Cililin

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana

*Dr. Yuli Setyo Indartono (kanan) sedang menjelaskan fungsi alat Kabin Sterilisasi Masker N-95 kepada pihak RSUD Cililin, Selasa (26/1/2021). (Foto: Adi Permana/Humas ITB)

BANDUNG, itb.ac.id--Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali menyerahkan alat Kabin Sterilisasi Masker N-95 kepada rumah sakit. Kali ini, alat tersebut diberikan kepada Rumah Sakit Umum Daerah Cililin di halaman Kantor BPUDL-ITB, Jalan Lebak Siliwangi, Kota Bandung, Selasa (26/1/2021).

Penyerahan kabin sterilisasi ini merupakan yang kelima kalinya dilakukan oleh ITB. Sebelumnya ITB juga telah menyerahkan alat yang sama kepada empat rumah sakit rujukan COVID-19.

Alat tersebut dikembangkan oleh Tim Laboratorium Energi Terbarukan FTMD-ITB yang diketuai oleh Dr. Yuli Setyo Indartono. Kabin tersebut mampu menyeterilkan masker N-95 dan juga alat kesehatan lainnya, menggunakan uap hidrogen peroksida.

Kabin ini berdimensi 1x1x2 meter kubik yang dilengkapi sistem pengering menggunakan udara bersih (difilter menggunakan filter HEPA), dan rak-rak sterilisasi. Untuk memudahkan pengoperasian, kabin tersebut dilengkapi dengan alat hitung waktu (timer) otomatis.

*Serah terima Kabin Sterilisasi Masker N-95 antara Dekan FTMD Prof. Dr. Ir. Tata Cipta Dirgantara M.T., dan Direktur RSUD Cililin, dr. Achmad Oktorudy, MARS. (Foto: Adi Permana/Humas ITB)

Dekan FTMD Prof. Dr. Ir. Tata Cipta Dirgantara M.T.,  menyampaikan, pemberian alat Kabin Sterilisasi Masker N-95 ini merupakan kontribusi dari ITB untuk menyelesaikan masalah COVID-19. "Alat ini merupakan produk penelitian untuk alat kesehatan yang dibuat selama masa pandemi ini," ujarnya.

Prof. Tata berharap alat tersebut dapat bermanfaat bagi RSUD Cililin untuk dipergunakan sebagaimana fungsinya. Dan juga ITB ke depannya dapat terus mengembangkan produk-produk penelitian lainnya yang dibutuhkan oleh fasilitas kesehatan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur RSUD Cililin, dr. Achmad Oktorudy, MARS., menyampaikan terima kasih atas bantuan dari ITB. Sebelumnya, pihak RSUD Cililin juga sudah mendapatkan bantuan Vent-i dari Salman ITB. "Semoga inovasi ini dapat membantu bagi dunia kesehatan. Terima kasih karena RS Cililin sudah dipilih untuk mendapatkan bantuan," ucapnya.

*Pihak RSUD Cililin dan FTMD-ITB berfoto bersama usai penyerahan Kabin Sterilisasi Masker N-95 di halaman Kantor BPUDL ITB. (Foto: Adi Permana/Humas ITB)

Ia mengungkapkan, pemberian kabin  tersebut akan bermanfaat bagi sterilisasi  alat-alat tenaga medis, yang efektif dan efisien.


scan for download