Sambut Mahasiswa Baru, ITB Gelar Pameran Unit Kegiatan Mahasiswa secara Virtual

By Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id—Panitia OSKM ITB 2020 menyelenggarakan Open Cam Unit (OCU) ITB 2020, Minggu (27/9). Pada kegiatan ini kurang lebih 96 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dari berbagai bidang turut berpartisipasi. OCU merupakan bentuk lain dari OHU (Open House Unit), yaitu pameran UKM yang biasa diselenggarakan untuk memperkenalkan berbagai UKM ITB kepada mahasiswa baru. Namun karena situasi pandemi COVID-19, maka OHU pun dilakukan secara virtual yang dinamakan OCU.

Menurut Jen Megah (Teknik Mesin, 2017) selaku Ketua OSKM 2020, persiapan diselenggarakannya OCU sudah dilakukan sejak minggu ketiga bulan September setelah adanya kesepakatan dari perwakilan masing-masing UKM dan panitia OSKM 2020 untuk mengadakan pameran UKM. Pada perhelatannya, OCU memanfaatkan platform Microsoft Teams sebagai platform resmi yang digunakan oleh ITB untuk melaksanakan pembelajaran.

Seluruh mahasiswa baru, sudah terhubung dengan platform Microsoft Teams dan terhubung pada grup besar OCU ITB 2020 yang sudah diatur oleh panitia pusat OSKM 2020. Setiap UKM memiliki ruang tersendiri pada grup besar tersebut dan berhak mengatur jalannya OCU sesuai dengan program kegiatan UKM masing-masing. “Sebenarnya kalau arahan dari kita sih tiap UKM itu nyiapin tiga acara yaitu sharing session, QnA, dan Challenge serta pembukaan pendaftaran,” ujar Jen.


Sebanyak 6.288 peserta dan panitia ikut terlibat dalam kegiatan ini, tidak hanya menggunakan platform Microsoft Teams sebagai ruang diskusi antara mahasiswa dan panitia, tetapi juga panitia OSKM 2020 menyiapkan purwarupa pameran dengan aplikasi ArcStep. Dengan aplikasi tersebut, membuat pengunjung seolah-olah berada pada lingkungan pameran sebenarnya karena bisa mengelilingi lingkungan pameran untuk melihat profil dari setiap UKM.

Menurut para peserta, dengan kegiatan OCU 2020 lebih teratur dan kondusif untuk melihat seluruh profil UKM meskipun di tengah situasi pandemi Covid-19. Hal itu disebabkan oleh penjadwalan sharing session setiap UKM yang tersusun lebih sistematis sehingga jadwalnya tidak bertabrakan satu sama lain. Dari sisi panitia, mereka merasa lebih intens dan efektif untuk berinteraksi dengan para peserta saat menyampaikan profil UKM.

Reporter: Diah Rachmawati (Teknik Industri, 2016)