ITB Borong Medali Emas Kompetisi Nasional MIPA 2020

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id--Tim mahasiswa perwakilan ITB berhasil memborong medali pada perhelatan Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN-MIPA) 2020. Acara yang digelar oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI tersebut, dilaksanakan pada 10 September 2020 secara virtual.

Dalam kompetisi tersebut, ITB memboyong 5 medal emas, 3 perak, dan 3 perunggu, untuk 4 kategori keilmuan yakni Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Hal ini sekaligus menempatkan ITB pada rangking ke-1 untuk perolehan medali KN-MIPA Tahun 2020.

Para pemenang medali tersebut di antaranya Hudzaifah Alif Al Fatih Nasution, Muhamad Farhan Husain, Muhamad Morteza Mudrick, Ricky Linarto, I Putu Prakasa Wiprayoga, Alfred Patisenah, Muhamad Alif Aqsha, Akeyla Pradia Naufal, Bakuh Danang Setyo Budi, Ridwan Rizki Surgawan, dan Stefanus.

Salah seorang mahasiswa ITB peraih medali emas KN-MIPA 2020 dari bidang Matematika, Muhamad Alif Aqsha menuturkan kriteria penilaian untuk kompetisi di bidang Matematika yaitu setiap soal diberi nilai 0-10. Nilai 10 diberikan jika soal tersebut berhasil dijawab dengan benar semua. Ia menjadi salah satu mahasiswa yang mendapatkan perolehan nilai kedua tertinggi, sehingga bisa meraih medali emas.

“Kompetisi ini menguji pesertanya dalam topik analisis real, analisis kompleks, aljabar linier, struktur aljabar, dan kombinatorika dengan permasalahan yang bisa dibilang bukan soal rutin seperti di perkuliahan. Di kompetisi ini pun, saya berusaha menyelesaikan masing-masing permasalahan matematika di setiap topik tadi. Terdapat 5 soal yang dikerjakan dalam kurun waktu 4 jam,” terang Alif.

Ia mengaku, meski melakukan kompetisi di tengah pandemi dan dilakukan secara virtual, akan tetapi tak mengurangi semangatnya untuk maju berkompetisi. Karena baginya, hal yang tak kalah penting dari pandemi ini adalah bagaimana ia tetap produktif bahkan meski dari rumah.


Atas prestasi membanggakan tersebut, Direktur Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB. Dr. G. Prasetyo Adhitama S.Sn., M.Sn. mengungkapkan rasa syukurnya atas capaian mahasiswa ITB kali ini. Ia sekaligus menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen terutama mahasiswa dan dosen pembimbing yang sudah bekerja keras mempersiapkan keikutsertaan di KN-MIPA 2020.

Menurut Dr. G Prasetyo, prestasi ini menjadi salah satu bukti bahwa mahasiswa memahami dengan baik arti penting proses pembelajaran yang mencakup kurikuler, ko-kurikuler, dan ekstra kurikuler. “Hal ini tentu membanggakan kita semua. Semoga dengan raihan prestasi ini bisa menginspirasi dan memotivasi mahasiswa ITB lainnya untuk semakin berprestasi. Terlebih, kegiatan kompetisi semacam ini jadi bagian penting dalam pengembangan kompetensi,” ucap Prasetyo.

Informasi mengenai pemenang lomba dapat dilihat di sini

Sumber: Rilis Direktorat Kemahasiswaan ITB


scan for download