Rektor Resmikan Tile Naming di Tangga Rotunda Kampus ITB

By Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id -- Rektor Institut Teknologi Bandung Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., meresmikan Tile Naming di tangga Rotunda ITB, Kampus ITB Jalan Ganesha, No. 10 Bandung, Kamis (2/7/2020). Peresmian tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Prof. Reini. Pada peresmian tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Institut Prof. Dr.-Ing. Ir. Widjaja Martokusumo, Kepala BPUDL ITB Deddy Priatmodjo Koesrindarto, Ph.D., Direktur Sarana dan Prasarana ITB Dr. Herto Dwi Ariesyady, S.T., M.T., dan Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB Dr. Naomi Haswanto, M.Sn., serta Kepala Kantor Kealumnian Dede Koswara, A.Md., ST.


Rektor ITB Prof. Reini mengatakan, peresmian tile naming tersebut merupakan bagian dari rangkaian Peringatan 100 Tahun Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia (PTTI). ITB juga akan menyelenggarakan Sidang Terbuka Peringatan 100 Tahun PTTI pada 3 Juli 2020 di Aula Timur ITB, mulai pukul 09.00 WIB. "Tile naming merupakan bentuk reward dari ITB kepada para donatur yang telah menunjukkan perhatian dan kontribusi besar kepada ITB," ujar Prof. Reini saat konferensi pers peresmian tile naming, Kamis (2/7/2020).

Ia mengatakan, kontribusi alumni kepada almamater tidak hanya dalam bentuk finansial saja, namun banyak sekali kontribusi dalam bentuk lain. Akan tetapi, saat ini kita memberikan penghargaan dalam bentuk tile naming. "Dengan segala kerendahan hati, kami sangat berterima kasih, penghargaan yang sebar-besarnya kepada bapak dan ibu sekalian yang telah berkontribusi, yang nama-namanya tercantum dalam tile naming tersebut," ujarnya.


Dalam rangka peringatan 100 tahun ITB, Majelis Wali Amanat (MWA) ITB mencanangkan program Satu Abad Satu Triliun (1A1T) untuk Dana Lestari ITB yang dikelola oleh BPUDL ITB. Didukung Salam Ganesha, yaitu gabungan alumni muda yang berdedikasi untuk melaksanakan kampanye, sosialisasi penggalangan dana yang dilakukan dengan cara kreatif, yaitu menggunakan platform digital dan memanfaatkan media sosial untuk mengajak para philanthropy berkontribusi dalam pengembangan ITB.


Dalam periode Januari hingga Maret 2020, telah terhimpun komitmen dana dari beberapa alumni sebesar Rp9.51 miliar dari 59 donatur. Sebagai bentuk penghargaan bagi para donatur, ITB bersama Salam Ganesha menggagas kegiatan pemasangan tile naming di fasilitas bersama kampus dengan mencantumkan nama-nama donatur tertentu di area Rotunda ITB. Proses pemasangan tile naming batch-1 telah selesai dilakukan pada Kamis, 18 Juni 2020 dengan biaya sebesar Rp490 juta. Biaya tersebut meliputi biaya perancangan, kontruksi, renovasi area, dan penataan ulang taman rumput di sekitar Rotunda.