ITB Gelar Rangkaian Acara Peringatan 100 Tahun ITB dan PTTI

By Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id -- Tepat pada 3 Juli 2020, Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia (PTTI) genap berusia 100 tahun. Sejarah panjang berdirinya kampus ini, berawal dari didirikannya Technische Hogeschool (1920) sampai diresmikan dengan nama Institut Teknologi Bandung (1959) oleh Presiden Ir. Soekarno, menjadi catatan sejarah lahirnya PTTI. Peringatan 100 tahun ITB dan PTTI mengusung tema besar yaitu Inovasi untuk Pertumbuhan Berkelanjutan.

Dalam rangka memperingati 100 tahun PTTI tersebut, ITB akan menyelenggarakan Sidang Terbuka Peringatan Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia di Aula Timur Kampus ITB Jalan Ganesha No. 10 Bandung, Jumat, 3 Juli 2020, mulai pukul 09.00 WIB. Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., akan membuka sidang tersebut. Selanjutnya akan diisi oleh pidato sambutan dari Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITB Yani Panigoro dan Ketua Senat Akademik (SA) Prof. Hermawan Kresno Dipojono, Ph.D.

Pada Sidang Terbuka Peringatan 100 Tahun PTTI, Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo akan memberikan sambutan. Namun karena masih dalam situasi pandemi COVID-19, pelaksanaan sidang terbuka akan digelar secara daring. Kendati demikian, beberapa pimpinan ITB akan hadir pada acara tersebut untuk mengikuti prosesi sidang terbuka. Selain itu pada rangkaian Peringatan Peringatan 100 ITB dan Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia diadakan peresmian Tile Naming.

Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah bersama Sekretatis Institut ITB Prof. Widjaja Martokusumo menggelar konferensi pers terkait Peringatan 100 Tahun ITB dan Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia, Kamis (2/7/2020). Foto: Adi Permana/Humas ITB

*Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah


Talkshow

ITB bekerja sama dengan Ikatan Alumni ITB dan TVRI Nasional, didukung juga oleh Salam Ganesha, akan menyelenggarakan rangkaian acara Talkshow dengan tema “Indonesia Bicara: ITB dalam Abad Baru bagi Indonesia Baru” yang akan tayang di TVRI pada Kamis, 2 Juli 2020 pukul 19.00-20.00 WIB.

Talkshow tersebut terbagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama mengangkat tema Transformasi Pendidikan di Era "New Normal" dengan pembicara yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim, B.A., M.B.A., Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., Co-Founder dan COO Sekolah.mu Radinka Qiera, S.T., MIT Student dan Founder Pelita Muda Nyoman Anjani, S.T., dengan moderator Prof. Dr. Ir. I Gede Raka.

Sesi kedua mengangkat tema Kewirausahaan dan Industri Berbasis Teknologi. Talkshow ini akan diisi oleh pemateri di antaranya Ketua Ikatan Alumni ITB Ridwan Djamaluddin Ph.D., Founder Pinhome Dayu Dara Permata, S.T., Founder CEO PT. Mega Andalan Kalasan Buntoro dan Co-Founder CEO Nusantics Sharlini Eriza Putri, S.T., M.Sc. Pada sesi kedua ini, juga akan mengundang narasumber melalui Skype dan Zoom yaitu Dr. (HC) Nurhayati Subakat, Apt., selaku Founder PT. Paragon Tech Innovation dan Riandita Andra, S.T., M. Sc., sebagai Ph.D., Candidate KTH Royal Institute of Technology, Swedia. Sesi kedua ini dipandu oleh Ir. Dwi Larso MSIE, Ph.D.

Rangkaian acara selanjutnya adalah Acara Variety Show yaitu pertunjukan musik dan seni lainnya yang disiarkan TVRI Nasional dengan tajuk Semangat Berkarya Menyambut Panggilan Negeri pada Jumat, 3 Juli 2020 pukul 19.30-20.30 WIB yang menghadirkan beberapa musisi tanah air, alumni ITB, PSM ITB, dan komunitas musik ITB.