Observatorium Bosscha Lakukan Pengamatan Hilal 1 Syawal 1441 H

Oleh Adi Permana

Editor -

*Peneliti di Observatorium Bosscha saat melakukan pengamatan hilal 1 Syaban 1440 H di kompleks Observatorium Bosscha, Lembang, Jawa Barat. (Foto: Adi Permana/Humas ITB)
BANDUNG, itb.ac.id -- Tim Observatorium Bosscha akan melaksanakan pengamatan hilal di Observatorium Bosscha, Lembang, Jawa Barat pada tanggal 22 dan 23 Mei 2020 dari pagi hari hingga bulan terbenam di ufuk Barat. Kegiatan pengamatan bulan sabit ini ditujukan untuk meneliti penampakan bulan dalam rangka rukyatul hilal bulan Syawal 1441 H.


"Rukyatul hilal dilakukan pada sore hari dan deteksi sabit bulan dilakukan setelah Matahari terbenam. Sabit yang tampak setelah Matahari terbenam ini disebut sebagai hilal," ujar Direktur Observatorium Bosscha, Dra. Premana W. Premadi, Ph.D., dalam siaran pers yang diterima Humas ITB.

Pengamatan hilal akan dilakukan dengan menggunakan dua buah teleskop berukuran 106 mm dan 66 mm berjenis refraktor yang masing-masing dilengkapi detektor kamera berbasis CCD. Citra yang ditangkap oleh kamera kemudian diproses menggunakan perangkat pengolahan citra untuk meningkatkan tampilan sabit bulan.

“Kegiatan ini merupakan pengamatan internal yang hanya dihadiri oleh staf Observatorium Bosscha, untuk mematuhi himbauan agar tidak berkegiatan yang melibatkan banyak orang di suatu tempat,” tambah Premana. Namun demikian, masyarakat yang berminat dapat menyaksikan pengamatan hilal ini secara daring melalui live streaming pada kanal YouTube resmi Observatorium Bosscha pada tanggal 22 dan 23 Mei 2020 mulai pukul 15:30 WIB.

Sebagai institusi pendidikan dan penelitian di bidang astronomi, Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung melaksanakan pengamatan bulan sabit muda pada hampir setiap bulan. Observatorium Bosscha setiap tahunnya menjadi salah satu rujukan untuk penetapan awal Ramadhan dan Syawal bagi Kementerian Agama Republik Indonesia dan masyarakat umum.

Di Indonesia, pihak yang berwenang menentukan awal Ramadhan dan Syawal adalah pemerintah Republik Indonesia melalui proses sidang itsbat. Tugas Observatorium Bosscha adalah menyampaikan hasil perhitungan, pengamatan, dan penelitian tentang hilal kepada unit pemerintah yang berwenang jika diperlukan sebagai masukan untuk sidang itsbat. Masyarakat dapat mengakses data dan hasil pengamatan hilal di website Observatorium Bosscha https://bosscha.itb.ac.id .



scan for download