Berita / Penelitian

Tim Dosen ITB Kembangkan Thermal Camera Untuk Screening Suhu Tubuh Non-Contact

Adi Permana - Kamis, 30 April 2020, 17:37:53 - Diperbaharui : Rabu, 20 - Mei - 2020, 08:06:17


*Dr. Suprijanto

BANDUNG, itb.ac.id -- Untuk mengukur suhu tubuh  secara non-contact sebagai usaha untuk mengurangi penyebaran COVID 19 menjadi standar prosedur saat ini, karena dari panduan WHO salah satu indikasi sejak infeksi mulai terjadi infeksi COVID-19 dalam 5-14 hari akan menyebabkan suhu tubuh lebih besar dari 38oC atau dikenal dengan gejala deman.  Penggunaan infrared gun termometer menjadi  satu prosedur untuk mengukur suhu orang yang akan masuk dalam satu ruangan tertentu. Pengunaan thermal camera dengan resolusi 300x200 setera dengan pengukuran suhu menggunakan 60 ribu infrared gun termometer, sehingga memungkinan secara cepat dan akurat untuk   pengukuran suhu tubuh ada antrian orang, misalkan pada stasion kereta.

 

Thermal camera mengukur suhu tubuh berdasarkan radiasi termal dari tubuh, sehingga banyak faktor parameter dari objek, antara lain emisitivitas, jarak daerah fokus serta prosedur cara scanning harus diperhitungan dalam sistem. Secara internasional, rujukan yang digunakan untuk penggunaan thermal camera untuk mendapatkan akurasi yang maksimum diberikan panduan oleh ISO/TR 13154:2017, terkait “deployment, implementation and operational guidelines for identifying febrile humans using a screening thermograph”.



*Foto: Dr. Suprijanto


Untuk menjaga konsistensi akurasi dari pengukuran suhu tubuh dan menekan biaya instalasi thermal scanner, ITB mengembangkan prototipe objek Reference dengan emitivitas spesifik  pada suatu plat yang dijaga temperatur 37.5± 0.2oC. Tim di ITB terdiri dari Dr. Suprijanto, Dr. Vebi Nadhira dan Naila Zahra, ST MT, dari KK Instrumentasi dan Kontrol, Fakultas Teknologi Industri, ITB, dan Tri Untoro ST MT alumni S2 Instrumentasi dan Kontrol, ITB.

 

"Sesuai ISO/TR 13154:2017, pengukuran suhu tubuh yang direkomendasikan adalah pada daerah wajah kepala. Aplikasi teknologi computer vision yang mengabungkan deteksi wajah secara otomatis yang memanfaatkan machine learning dari citra warna yang diregistrasi dengan citra thermal scanner digunakan untuk dapat melakukan screening awal secara cepat suhu tubuh non-contact  untuk antrian orang   secara cepat dan akurat," ujar Dr. Supri.

 



*Pengujian awal dari penggunaan thermal camera sebagai bagian screening awal secara cepat suhu tubuh non-contact  dilakukan di stasion PT. KAI Bandung.



Reporter: Diah Rachmawati (Teknik Industri, 2016)