Berita / Utama

Monash University Berencana Jalin Kerjasama dengan ITB

Adi Permana - Selasa, 25 Februari 2020, 11:47:31 - Diperbaharui : Senin, 23 - Maret - 2020, 00:43:54


BANDUNG, itb.ac.id -- Sekretaris Institut (SI), Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof. Dr-Ing Ir. Widjaja Martokusumo menerima kunjungan dari Monash University of Australia, Rabu (12/2/2020) di Ruang VIP Gedung Rektorat ITB, Jalan Tamansari, No. 64 Bandung. Kunjungan tersebut membahas rencana kerjasama antara ITB dan Monash University di bidang pendidikan dan penelitian.

Pada kesempatan tersebut, hadir perwakilan dari Monash University diantaranya adalah Prof. Andrew, Prof. Shane, Dr. Elaine, sementara dari pihak ITB turut hadir Dekan Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) Dr. Denny Zulkaidi, dan beberapa staf pengajar di ITB yaitu Dr. Heru W. Poerbo, Dr. Budi Faisal, dan Dr. Aswin Indraprastha.

Prof. Andrew mengatakan, Monash University memiliki hubungan yang baik dan cukup lama dengan Indonesia. Selain itu, terdapat banyak lulusan asal Indonesia dari Monash University. Atas dasar inilah pihaknya ingin memperdalam hubungan dengan Indonesia dan melakukan lebih banyak kegiatan dengan Indonesia. “Kebetulan Monash University juga baru mendapatkan izin dari pemerintah Indonesia untuk mendirikan kampus Monash di Jakarta,” ujar Prof. Andrew.

Dia menambahkan, salah satu yang ingin dikembangkan di Monash University di Jakarta adalah Departemen Arsitektur dan Perencanaan. Departemen tersebut masih terlampau baru karena berdiri 13 tahun yang lalu. Kemudian, perkuliahannya pun masih condong ke bidang arsitektur sedangkan bagian perencanaan masih belum kuat. Oleh karena itu, pihaknya ingin bermitra dengan ITB.

Sekretaris Institut ITB Prof. Widjaja menyambut baik atas rencana penjajakan kerjasama tersebut. ITB sebagai lembaga pendidikan akan selalu membuka diri kepada pihak-pihak yang ingin bekerja sama. Kegiatan tersebut ditutup dengan pemberian cendera mata baik dari ITB maupun dari SAPPK. Kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama.