Berita / Obituari

Obituari: Selamat Jalan Prof. Iwan Kridasantausa

Adi Permana - Selasa, 25 Februari 2020, 09:54:10

BANDUNG, itb.ac.id – Kabar duka tengah menyelimuti keluarga besar Institut Teknologi Bandung atas berpulangnya Prof. Iwan Kridasantausa, M.Sc., Ph.D., Guru Besar Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) ITB. Almarhum wafat di Rumah Sakit Advent, Bandung, Kamis (20/2/2020) sekitar pukul 07.39 WIB. Untuk menghormati jasa serta pengabdian yang telah diberikan Prof. Iwan, ITB melaksanakan prosesi pelapasan jenazah di Aula Barat, Jalan Ganesa No. 10 Bandung.

Prosesi pelepasan jenazah diawali salat jenazah bersama dengan imam yaitu Prof. Hermawan Kresno Dipojono, Ph.D. Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan curriculum vitae almarhum oleh Dekan FTSL Prof. Ir. Ade Sjafruddin, M.Sc., Ph.D., sambutan perwakilan dari keluarga, dan sambutan dari Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D.



Dalam sambutannya, Prof. Reini menyampaikan, almarhum adalah sosok yang humble, santun, dan penuh hormat kepada siapapun baik senior maupun juniornya. Banyak sekali jasa, darma bakti, serta pengabdian kepada ITB, negara, dan bangsa semasa hidupnya.Sejumlah prestasi dan jasa serta bakti telah dipersembahkan kepada masyarakat, bangsa, dan negara. “Pada kesempatan yang penting ini, saya atas nama keluarga besar ITB, menghaturkan duka cita yang mendalam kepada keluarga besar Bapak Prof. Iwan Kridasantausa, semoga Allah Swt menerima amal ibadahnya dan mengampuni segala dosa-dosanya dan semoga almarhum mendapat tempat yang terbaik dan tempat yang mulia di sisi Allah Swt. Kepada keluarga almarhum yang ditinggalkan, kita mendoakan semoga Allah Swt senantiasa memberikan ketabahan dan kesabaran, serta dapat menerima kepergian almarhum dengan ikhlas dan tawakal,” ucapnya.



Prof.Ir. Iwan Kridasantausa, M.Sc., Ph.D., lahir di Semarang, 2 Juli 1967 silam. Beliau menamatkan sarjana Teknik Sipil ITB pada tahun 1992, kemudian melanjutkan S2 di Colorado State University Amerika Serikat tahun 1998, dan meraih gelar Ph.D di universitas yang sama pada tahun 2000.

Beliau memulai karier di ITB sejak 1 Maret 1993 sebagai Dosen FTSL dan mencapai puncak kariernya sebagai Guru Besar pada Tahun 2013. Selama masa pengabdiannya beliau pernah menjabat sebagai Ketua Program Studi Magister Pengelolaan Sumber Daya Air (2010-2013), Ketua Program Studi Sarjana Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air (2014-2015), Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Penjaminan Mutu Sekolah Pascasarjana sejak Juli 2015 - sekarang, dan Anggota Senat ITB.

Selain di ITB, Prof. Iwan juga terlibat dalam pelaksanaan pendidikan tinggi di Universitas Gunadarma sebagai Pembantu Dekan I Bidang Akademik periode 2000-2008. Semaca hidupnya, beliau juga banyak melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, menjalin jejaring kemitraan. Selain itu, sejumlah penghargaan juga pernah diraihnya, diantaranya Penghargaan Pengabdian Satyalancana Karya Satya 10 Tahun dari Presiden RI pada tahun 2010, Penghargaan Pengabdian Satyalancana Karya Satya 20 Tahun dari Presiden RI pada tahun 2015, dan Penghargaan Pengabdian 25 Tahun ITB pada tahun 2018.