Siaran Pers: Himbauan Pencegahan Penyebaran Virus Corona Bagi Civitas Akademika ITB

By Adi Permana

Editor -

*Foto: Dok. Humas ITB


SIARAN PERS
No. 146b/I1.B05/LL/2020 

HIMBAUAN PENCEGAHAN PENYEBARAN VIRUS CORONA 
BAGI CIVITAS AKADEMIKA ITB 


Wabah virus Novel Corona dari Cina atau dinamai 2019-nCoV sedang mengkhawatirkan banyak pihak akhir-akhir ini. Virus yang tercatat penyebaran pertama kalinya di Wuhan, Cina itu kini dilaporkan telah menyebar ke berbagai negara. 

Sebagaimana diketahui, virus Corona adalah virus baru penyebab penyakit saluran pernapasan. Virus ini merupakan satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan MERS. Gejala klinis yang ditimbulkan dari infeksi virus Corona antara lain demam, batuk-pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan, letih dan lesu. 

Untuk mengantisipasi hal tersebut, seluruh civitas akademika Institut Teknologi Bandung diharapkan tetap tenang sambil mengikuti apa yang disarankan/dianjurkan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 

Institut Teknologi Bandung mengimbau kepada masyarakat kampus untuk sementara waktu ini membatasi interaksi dengan segala sesuatu yang memungkinkan terjadinya kontak dengan orang yang dicurigai terinfeksi virus Corona tersebut. 

Mengingat belum ditemukannya vaksin terhadap virus tersebut, maka sebagai pencegahan diharapkan seluruh masyarakat kampus untuk melakukan hal-hal berikut sebagaimana anjuran dari Kemenkes RI : 

1. Sering mencuci tangan memakai sabun 
2. Gunakan masker bila batuk atau pilek 
3. Konsumsi gizi seimbang, perbanyak sayuran 
4. Hati-hati kontak dengan hewan 
5. Rajin olahraga dan istirahat cukup 
6. Jangan mengonsumsi daging yang tidak dimasak 
7. Menjaga kebersihan lingkungan kampus termasuk ruangan 
8. Jika mengalami gangguan kesehatan seperti demam, batuk, pilek, dan sesak napas segera ke fasilitas kesehatan terdekat. 

Bandung, 28 Januari 2020
Disampaikan oleh 


Sekretaris Institut
Institut Teknologi Bandung 
Prof. Dr.-Ing. Ir. Widjaja Martokusumo