Prof. Reini Wirahadikusumah Resmi Dilantik Sebagai Rektor ITB Periode 2020-2025

Oleh Adi Permana

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id -- Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Institut Teknologi Bandung (ITB), Yani Panigoro melantik Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., sebagai Rektor ITB Periode 2020-2025. Prof. Reini dilantik sebagai Rektor ITB melalui Sidang Terbuka MWA ITB di Aula Barat ITB, Jalan Ganesa, No. 10 Bandung, Senin (20/1/2020). 

Turut hadir diantaranya Wakil Ketua MPR Republik Indonesia Fadel Muhammad, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi, hingga tokoh Jabar Popong Otje Djundjunan.

Ketua MWA ITB Yani Panigoro meyakini dilantiknya Prof. Reini sebagai Rektor ITB periode 2020-2025 akan memberikan angin segar bagi ITB untuk terus maju ke jenjang berikutnya yang lebih tinggi. Ia pun mengucapkan selamat bertugas kepada Prof. Reini dan jajarannya untuk melanjutkan kepemimpinan rektor sebelumnya dengan prestasi yang jauh lebih baik.

“Mari bersama kita gunakan kemampuan upaya pikiran dan semangat kita bekerja sama melakukan segala sesuatu yang terbaik di bawah kepemimpinan rektor yang baru dilantik demi kemajuan ITB, untuk kita semua, untuk almamater, dan tanah air. Selamat bekerja Prof. Reini,” ucapnya. 

Sementara itu dalam sambutannya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kami berpesan kepada Prof. Reini untuk menggunakan jabatannya sebagai Rektor ITB untuk memberikan kebermanfaatan. “Menjadi rektor bukanlah tujuan melainkan menjadi rektor adalah sarana untuk  membawa perubahan.” ucapnya. “Mudah-mudahan dalam perjalanannya Prof. Reini selalu dimudahkan oleh Allah SWT dijahkan dari kesulitan dan marabahaa  dan Insya Allah selalu menjadi inspirasi,”tambahnya. 

Setelah resmi dilantik, Prof. Reini mengucapkan terima kasih kepada Majelis Wali Amanat, Senat Akademik, dan seluruh civitas akademika ITB karena telah memberikan amanah yang diembankan padanya. “Saya akan menjalankan amanah yang sangat berharga tersebut dengan terus-menerus memberikan kinerja terbaik, dengan segenap kerendahan dan ketulusan hati, dedikasi, integritas, dan optimisme. Insya Allah”, ucapnya.



Prof. Reini mengatakan bahwa untuk mewujudkan kontribusi terbaiknya, ITB sangat membutuhkan jalinan kemitraan yang strategis dengan pemerintah pusat dan daerah, para pelaku industri dan dunia usaha, lembaga riset dan perguruan tinggi baik di dalam maupun di luar negeri, lembaga swadaya masyarakat, segenap alumni ITB dan elemen-elemen lain di masyarakat. 

Selain itu, lanjutnya, ITB juga perlu memperkuat dan memperluas jalinan-jalinan kemitraan baik yang berlingkup nasional maupun global. Oleh karena itulah dia meminta dukungan dari segala pihak tersebut untuk mencapai “In Harmonia Progressio” sebagai sarana menggapai martabat bangsa dan reputasi dunia.

Prof. Reini Wirahadikusumah MSCE, Ph.D., adalah seorang Guru Besar pada Kelompok Keahlian Manajemen dan Rekayasa Konstruksi, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) ITB. Prof. Reini lahir di Jakarta, 25 Oktober 1968. Dia menempuh pendidikan Sarjana Teknik Sipil ITB tahun 1991, meraih gelar Master of Science in Civil Engineering tahun 1996 dari Purdue University, West Lafayette, Indiana USA, dan meraih Ph.D in Civil Engineering tahun 1999 di Purdue University.



Proses Pemilihan Rektor ITB tersebut telah dilaksanakan oleh MWA ITB sejak Agustus 2019. Prof. Reini merupakan rektor ke-17 ITB sekaligus menjadi rektor perempuan pertama bagi ITB. Acara pelantikan tersebut sekaligus serah terima jabatan dari Rektor ITB Prof. Kadarsah Suryadi kepada Prof. Reini Wirahadikusumah.

Reporter: Elisabeth Sirumapea (Manajemen 2020)


scan for download