Dekan FSRD Periode 2006-2010, Prof. Biranul Anas Berpulang

By Adi Permana

Editor -



BANDUNG, itb.ac.id -- Keluarga Besar Institut Teknologi Bandung (ITB) berduka atas wafatnya Prof. Biranul Anas Zaman, Guru Besar pada Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB. Beliau wafat pada Kamis (19/12/2019) sekitar pukul 18.00 WIB di Rumah Sakit Salamun, Bandung. 

Untuk menghormati jasa dan pengabdian almarhum semasa hidup, ITB melaksanakan prosesi pelepasan jenazah yang diawali salat jenazah bersama di Aula Barat ITB, Jumat (20/12/2019) pagi. Setelah prosesi tersebut, almarhum kemudian dimakamkan di Taman Pemakaman Umum Cibarunay.

Prof. Dr. Biranul Anas Zaman, lahir di Malang 22 Juli 1947. Beliau adalah Guru Besar pada Kelompok Keilmuan Kriya dan Tradisi dengan bidang kahlian khusus yaitu seni serat. Beliau diangkat sebagai CPNS Dosen FSRD ITB Tahun 1980 dan pensiun pada 1 Agustus 2017 (dalam usia 70 tahun). Almarhum tercatat pernah menjabat sebagai Dekan FSRD periode 2006-2010.

Dalam sambutannya, Rektor ITB Prof. Kadarsah Suryadi mengatakan, ITB sangat kehilangan salah seorang guru sejati yang sangat dihormati. Mewakili ITB, Prof. Kadarsah pun menyampaikan belasungkawa yang sangat mendalam atas berpulangnya almarhum.



"Kita hadir di sini untuk memberikan penghormatan terakhir melalui prosesi pelepasan jenazah, sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa, dharma bakti, serta pengabdian almarhum kepada ITB, negara, dan bangsa semasa hidupnya," ungkap rektor.

Prof. Kadarsah menambahkan bahwa almarhum adalah sosok yang santun dan penuh hormat kepada siapapun baik senior maupun juniornya. Sejumlah prestasi dan jasa serta bakti telah dipersembahkan kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

"Pada kesempatan yang penting ini, saya atas nama keluarga besar ITB, menghaturkan duka cita yang mendalam kepada keluarga besar Bapak Prof. Biranul Anas Zaman, semoga Allah SWT menerima amal ibadahnya dan mengampuni segala dosa-dosanya dan semoga almarhum mendapat tempat yang terbaik dan tempat yang mulia di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT," ucapnya.