Berita / Utama

ITB dan PT Charoen Pokphand Indonesia Teken Nota Kesepahaman Bersama

Adi Permana - Rabu, 18 Desember 2019, 15:01:51


BANDUNG, itb.ac.id – Institut Teknologi Bandung (ITB) menjalin nota kesepahaman bersama dengan PT. Charoen Pokphan Indonesia (CPI) dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Rektor ITB Prof. Kadarsah Suryadi dengan Jemmy selaku Direktur dan Kuasa Anggota Direksi PT CPI dan disaksikan oleh Presiden Komisaris PT. Charoen Pokphand Indonesia, Hadi Gunawan Tjoe di Rapim A, Gedung CCAR ITB, Jalan Tamansari No. 64, Bandung, Selasa (17/12/2019).

PT. Charoen Pokphand Indonesia, Tbk. adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri peternakan khususnya pakan ternak seperti ayam, itik, puyuh dan lain-lain, sejak tahun 1972. Dalam perjalanannya memajukan industri peternakan Indonesia, PT. CPI mempunyai tekad untuk bermanfaat bagi masyarakat, negara, dan kemajuan industri peternakan Indonesia. Demi mewujudkan itu semua, perusahaan melakukan program-program CSR seperti 300 beasiswa mahasiswa peternakan, 3.578 anak asuh, 319 bedah kandang untuk peternak yang kurang mampu, kerja sama close house dengan universitas, dan lain-lain.

Melalui nota kesepahaman ini, PT. CPI berharap dapat terjalinnya hubungan baik dengan ITB melalui kerja sama dalam bentuk pemberian kesempatan magang bagi mahasiswa, penelitian dan pengembangan teknologi yang berkaitan dengan industri PT. CPI serta pengembangan teknologi terapan bagi masyarakat seperti teknologi penggilingan jagung yang bersifat Mobile Corn Dryer (MCD).

“Harapannya, dengan terjalinnya kerja sama dengan ITB, nantinya teknologi MCD dapat didedikasikan untuk negara melalui Kementerian Pertanian dan dapat bermanfaat dan meningkatkan kesejahteraan petani jagung Indonesia,” ujarnya.

Menanggapi rencana kerjasama tersebut, Rektor ITB Prof. Kadarsah Suryadi mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh PT. CPI karena telah memilih ITB sebagai mitra. Menurutnya, dengan kerjasama antara dunia kampus dan industri, banyak hal-hal yang dikerjakan di dunia kampus akan lebih berguna dan bermanfaat lagi untuk masyarakat.

Maka dari itu, lanjutnya, ITB siap untuk mengabdikan ilmunya agar bisa berkolaborasi dengan PT. CPI. “Kami mengapresiasi dan memberikan penghargaan atas niat mulya ini (kerjasama), dengan kerjasama ini kita dapat bersama-sama memajukan negeri, dan para petani khususnya,” ujarnya.

Reporter: Bernadetha Maria (Biologi, 2016)