Prof. Reini Wirahadikusumah Terpilih Sebagai Rektor ITB 2020-2025

Oleh Adi Permana

Editor -

*Prof. Reini Wirahadikusumah. (Foto: Adi Permana/Humas ITB).


JAKARTA, itb.ac.id -- Majelis Wali Amanat (MWA) Institut Teknologi Bandung (ITB) menetapkan Prof. Reini Wirahadikusumah MSCE, Ph.D., sebagai Rektor ITB Periode 2020-2025. Penetapan tersebut berdasarkan hasil Sidang Pemilihan dan Penetapan yang dilakukan MWA ITB di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI di Jakarta, Jumat (8/11/2019). Pada sidang tersebut juga dihadiri oleh Mendikbud Nadiem Anwar Makarim.

Ketua MWA ITB Yani Panigoro mengatakan, terpilihnya Prof. Reini sebagai rektor menjadikan sejarah tersendiri bagi ITB karena merupakan perempuan pertama yang menjadi Rektor ITB. "Sidang berjalan dengan lancar dan semua sepakat bahwa yang terpilih adalah Prof. Reini Wirahadikusumah," ujar Yani Panigoro saat memberikan keterangan pers di Jakarta.

Turut hadir pada konferensi pers tersebut yaitu Prof. Jaka Sembiring, dan Prof. Kadarsah Suryadi, sebagai Calon Rektor ITB Periode 2020-2025. Sementara itu, Yani Panigoro mengatakan, kedepannya rektor terpilih akan berkolaborasi  dari sisi gagasan-gagasan yang telah diberikan oleh Calon Rektor ITB untuk kemajuan ITB dan Indonesia.

*Ketua MWA ITB Yani Panigoro bersama tiga Calon Rektor ITB Periode 2020-2025. (Foto: Adi Permana/Humas ITB)

Yani berharap, semoga dengan telah terpilihnya Prof. Reini sebagai Rektor ITB untuk lima tahun ke depan, akan membawa perubahan lebih baik bagi ITB yang akan ulang tahun ke-100 tahun. Sehingga itu menjadi tahun yang membuat ITB menjadi lebih baik lagi dan Indonesia menjadi lebih hebat. 

"Ketiga calon sudah melalui berbagai proses baik dari panel ahli, debat publik, komunikasi secara terbuka dengan sivitas akademika ITB, dan paparan di Sidang Tertutup di MWA ITB. Semuanya sudah tahu bagaimana gagasan-gagasan dari Calon Rektor. Khususnya dengan Mendikbud, para calon juga sudah melakukan wawancara khusus," ujarnya.

Pesan Mendikbud

Sementara itu, Yani menyampaikan pesan dari Mendikbud bahwa ITB kedepan harus menyesuaikan dengan perubahan yang akan terjadi. Kepada rektor terpilih, juga harus berkolaborasi supaya ITB ini menjadi lebih baik. Selain itu, ia mengatakan Rektor ITB juga harus berani mengambil keputusan, berani mengambil langkah-langkah yang tegas, dan bisa beradaptasi dengan cepat.

Budaya Inovasi

Rektor terpilih untuk Periode 2020-2025, Prof. Reini menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas kepercayaan yang telah diberikan. Saat ditanya oleh awak media terkait inovasi yang akan dilakukan dalam menghadapi perubahan, ia mengatakan, bahwa selama ini di kepemimpinan rektor-rektor sebelumnya budaya inovasi telah berkembang di ITB. Menurutnya, sebuah perguruan tinggi sangat penting memiliki budaya inovasi agar terus relevan dengan perkembangan zaman. 

"SDM di ITB banyak dan kami siap untuk melakukan inovasi-inovasi karena budaya inovasi sudah ada di ITB," ujarnya. 

Sebagai informasi, Prof. N. R. Reini D Wirahadikusumah adalah seorang Guru Besar pada Kelompok Keahlian Manajemen dan Rekayasa Konstruksi, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) ITB.

MWA telah melaksanakan proses Pemilihan Rektor ITB sejak Agustus 2019. Pada proses tersebut, terdapat 34 pendaftar, 5 dari luar kampus, dan 29 dari dalam kampus ITB. Selanjutnya ialah ditetapkan menjadi 30 nomine oleh tim panel ahli, kemudian dipilih menjadi 10 Bakal Calon Rektor. Lalu, melalui Sidang di Senat Akademik ITB ditetapkan menjadi 3 Calon Rektor ITB.

scan for download