Berita / Utama

Senat Akademik Tetapkan 3 Calon Rektor ITB Periode 2020-2025

Adi Permana - Sabtu, 2 November 2019, 06:14:55 - Diperbaharui : Sabtu, 2 - November - 2019, 06:34:12

*Ketua Senat Akademik ITB Prof. Hermawan K Dipojono (kiri) dan Wakil Ketua Panitia Adhoc Pemilihan Rektor ITB dari Senat Akademik, Prof. Danu Ariono menyampaikan konferensi pers terkait penetapan 3 Calon Rektor ITB di Gedung Balai Pertemuan Ilmiah (BPI), Jumat (1/11/2019). (Foto: Adi Permana/Humas ITB)


BANDUNG, itb.ac.id – Senat Akademik Institut Teknologi Bandung telah menetapkan 3 Calon Rektor Institut Teknologi Bandung untuk Periode 2020-2025. Keputusan tersebut merupakan hasil dari sidang tertutup yang dilakukan Senat Akademik ITB di Balai Pertemuan Ilmiah (BPI), Jalan Dipatiukur, Bandung, Jumat (1/11/2019). 

Adapun ketiga nama Calon Rektor ITB periode 2020-2025 ialah; 

1. Jaka Sembiring
2. Kadarsah Suryadi
3. Reini Wirahadikusumah

Sidang tertutup tersebut dipimpin oleh Ketua Senat Akademik ITB, Prof. Hermawan K Dipojono. Dia menyampaikan, proses pemilihan tiga nama calon rektor berlangsung dalam dua tahapan. Tahap pertama ialah pemilihan dari 10 Bakal Calon menjadi 6 Bakal Calon. Dan tahap kedua, dari 6 Bakal Calon menjadi 3 Calon Rektor ITB.

“Kami melaksanakan pemilihan dari 10 Bakal Calon menjadi 6 Bakal Calon, kemudian menjadi 3 Calon Rektor, itu melalui mekanisme voting,” ujarnya.

Secara lebih rinci, Wakil Ketua Panitia Adhoc Pemilihan Rektor ITB dari Senat Akademik, Prof. Danu Ariono menyampaikan untuk 6 Bakal Calon Rektor yang terpilih di antaranya, Benyamin Sapiie, Dwi Larso, Edi Tri Baskoro, Jaka Sembiring, Kadarsah Suryadi, dan Reini Wirahadikusumah.

“Sebelum dilakukan pemilihan menjadi 3 Calon Rektor, pada sesi pertama dilakukan tanya jawab antara 6 Bakal Calon dengan anggota senat. Masing-masing kandidat memeroleh kesempatan dalam tanya jawab 15 menit. Tanya jawab ini berlangsung sangat kondusif,” ujarnya.

Tanya jawab yang berlangsung meliputi bidang-bidang yang ada di empat komisi SA ITB, yaitu Komisi I bidang Pendidikan, Komisi II bidang Kelembagaan, Komisi III bidang Sumber Daya Insani, dan Komisi IV bidang Penelitian, Inovasi, dan Pengabdian Masyarakat. Sidang penetapan tiga nama calon rektor tersebut berjalan dengan lancar dan dihadiri oleh 58 dari 59 anggota tetap Senat Akademik ITB. Sidang tersebut berakhir pada pukul 16.30.

Sementara itu, dalam proses Pemilihan Rektor ITB kali ini, Prof. Hermawan sangat menekankan berlangsungnya fairness, terjaganya dignity tiap kandidat, dan transparan. “Untuk menjaga fairness dan keadian, urutan siapa yang pertamakali mendapat giliran dilakukan pengundian,” tambahnya.

Setelah penetapan 3 Calon Rektor ITB Periode 2020-2025, Senat Akademik kemudian menyerahkan hasil tersebut kepada Majelis Wali Amanat ITB. Pada Sabtu (2/11/2019), 3 Calon Rektor ITB tersebut akan menyapa khalayak dalam ekspos publik yang diselenggarakan panitia pelaksana pemilihan rektor di Kampus ITB, Jalan Ganesa. Acara tersebut terbuka untuk umum.