Berita / Institusi

ITB Peringati ke-91 Tahun Hari Sumpah Pemuda

Adi Permana - Senin, 28 Oktober 2019, 17:05:51 - Diperbaharui : Senin, 4 - November - 2019, 11:27:20


BANDUNG, itb.ac.id – Institut Teknologi Bandung (ITB) melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober, di Gedung Rektorat ITB, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Senin (28/10/2019). Upacara tersebut diikuti oleh segenap sivitas akademika ITB, mahasiswa, dan tenaga kependidikan. 

Bertindak sebagai pembina upacara, Rektor ITB Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA., membacakan pidato dari Menteri Pemuda dan Olahraga RI. Peringatan Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019 ini mengusung tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan, kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.



“Tema tersebut sesungguhnya diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda-lah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia,” ujar Prof. Kadarsah Suryadi.

Ia menambahkan, jika pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

Pesan Rektor

Selain itu, Prof. Kadarsah juga menyampaikan pesan bahwa Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum bagi kita semua, untuk memperingati jasa para pendahulu bangsa yang telah mempersatukan NKRI dari berbagai macam latar belakang yang mencerminkan Bhinneka Tunggal Ika.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa di era digital ini, kita senantiasa harus menjunjung tinggi ruh dan jiwa sumpah pemuda untuk persatuan dan kesatuan NKRI. “Selamat untuk para pemuda dan pemudi, mari kita jemput masa depan yang gemilang,” pungkasnya.



Pada upacara tersebut juga diumumkan beberapa juara lomba kebersihan organisasi kemahasiswaan yang diselenggarakan oleh Direktorat Sarana dan Prasarana ITB. Untuk Juara 1 jatuh kepada Himpunan Mahasiswa Matematika FMIPA, Juara 2 dari Himpunan Mahasiswa SBM, dan Juara 3 Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan FTSL.  Sementara itu untuk partisipasi lomba diberikan kepada Kabinet Mahasiswa, Lembaga Kemahasiswaan, dan K3L.