Berita / Utama

Parade Wisokto ITB 2019, Momen Apresiasi untuk Para Wisudawan

Adi Permana - Kamis, 24 Oktober 2019, 08:33:45 - Diperbaharui : Kamis, 24 - Oktober - 2019, 14:13:46

*Foto: Anne/Lembaga Kemahasiswaan ITB


BANDUNG, itb.ac.id — Dalam rangka memeriahkan pelaksanaan Wisuda Pertama Institut Teknologi Bandung Tahun Akademik 2019/2020,  mahasiswa di ITB tumpah ruah dalam Parade Wisuda Oktober 2019 di ITB Kampus Ganesa, Sabtu (19/10/2019). Kegiatan tersebut melibatkan semua himpunan mahasiswa yang ada di ITB.

Menurut Anditya Bayu Murti, (Teknik Geologi 2017) yang merupakan Ketua Parade Wisuda Oktober 2019, tema yang diusung pada Wisokto tahun ini ialah Kolase Mimpi. Di mana momen wisuda ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk merangkai kembali mimpi-mimpi wisudawan yang baru saja lulus dari ITB.

“Ini sekaligus sebagai wadah bagi mahasiswa yang masih berkuliah untuk terus semangat bermimpi, dengan menjadikan wisudawan sebagai role model, orang-orang yang telah mewujudkan mimpinya,” ujar mahasiswa Teknik Geologi yang akrab dipanggil Tio ini. 

Berbeda dengan agenda parade wisuda sebelumnya, Wisokto 2019 menyediakan kegiatan pre-event dan pengembangan dari acara sebelumnya. Pre-event ini bertujuan untuk menambah antusiasme massa himpunan, massa Tahap Persiapan Bersama (TPB) dan warga kampus dalam menyambut wisuda yang dilaksanakan hanya tiga kali dalam satu tahun ini.

Pre-event yang dilaksanakan misalnya Wisoktalks, yaitu acara yang mengundang wisudawan inspiratif untuk gelar wicara. Ada pula kegiatan yang terjun langsung kepada masyarakat dan bersifat sosial seperti Wisocare, Wishare, hingga Donor Darah.

“Harapan kami, Parade Wisokto 2019 ini dapat menjadi wadah apresiasi purnastudi bagi para wisudawan, (sekaligus) kolaborasi, serta pengembangan bersama yang baik bagi seluruh elemen yang terlibat,” ucap Tio.

Adapun dalam paradenya, para wisudawan/i  diarak oleh massa kampus dari Gedung Sasana Budaya Ganesa (Sabuga) menuju ke lapangan Saraga, kemudian ke terowongan bawah tanah (Tunnel ITB). Ketua himpunan dan perwakilan angkatan biasanya melakukan orasi di tangga menuju Sunken Court. Setelah itu, parade berlanjut ke kampus ITB.

*Foto: Anne/Lembaga Kemahasiswaan ITB

Pada Wisuda Oktober 2019 ini, Rektor ITB Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA mewisuda sebanyak 1.798 wisudawan Program Sarjana, 1.019 wisudawan Program Magister, 114 wisudawan Program Profesi Insinyur, serta wisudawan Program Doktor sebanyak 56 orang, dengan total keseluruhan 2.987 wisudawan.

Reporter: Moch. Akbar Selamat (Manajemen, 2020)