Berita / Utama

ITB-BNI Ultra Marathon Sukses Diselenggarakan untuk ke-3 Kalinya

Adi Permana - Selasa, 15 Oktober 2019, 15:56:57 - Diperbaharui : Selasa, 15 - Oktober - 2019, 15:59:11

*Foto: Dok. Humas ITB


BANDUNG, itb.ac.id – Rangkaian ITB Ultra Marathon 200K Tahun 2019 merupakan ajang lari tahunan yang diselenggarakan dalam rangka menyambut perayaan 100 Tahun ITB sebagai perguruan tinggi teknik di Indonesia di tahun 2020.  Memasuki tahun ke-3, kegiatan lari sejauh Jakarta-Bandung itu dilaksanakan pada 11-13 Oktober 2019.

Selain marathon, dengan BNI dan PLN sebagai sponsor utama, acara ini sukses melibatkan lebih kurang 3500 pelari dengan dua macam perlombaan yang diadakan yaitu BNI - ITB Ultra Marathon 200K dan ITB – PLN Fun Run 5K. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Rini Mariani Soemarno  tampak turut menikmati kebersamaaan dalam olahraga lari ini dengan ikut serta dalam Fun Run 5K.

Kegiatan ini mengajak masyarakat dan alumni untuk berlari bersama dalam upaya mengkampanyekan pola hidup sehat melalui lari, membangun semangat solidaritas antara alumni ITB, menjadikan ajang silaturahim diantara sivitas alumni ITB dengan berbagai komunitas lari perguruan tinggi lainnya, menjadikan event ITB Ultra Marathon ini sebagai tradisi dan kegiatan tahunan ITB, dan menggalang dana untuk mendukung kegiatan pendidikan di ITB pada umumnya.

“Adapun start venue untuk 200K yaitu BNI Pusat Sudirman, Jakarta dengan finish line Kampus ITB Ganesa dan dimulai dari Jumat, 11 Oktober 2019. Sedangkan Fun Run 5K dimulai dari PLN Bandung Jalan Cikapundung Timur, Bandung pada Minggu pagi, 13 Oktober 2019 hingga Kampus ITB Ganesha,” ujar Gatot Sudaryono, Ketua Panitia BNI – ITB Ultra Marathon 2019.

Tak hanya diikuti oleh alumni ITB, masyarakat pun dapat ikut terlibat dalam kegiatan tersebut. Acara puncak ITB Ultra Marathon dilaksanakan pada 13 Oktober 2019 di kampus ITB dengan dibuka beberapa sambutan dari Ketua Panitia BNI – ITB Ultra Marathon, Gatot Sudaryono, Ketua Yayasan Solidarity Forever, Susilo Siswoutomo, dan Rektor ITB Prof. Kadarsah Suryadi. Acara kemudian dilanjutkan dengan beberapa hiburan musik.

Susilo Siswoutomo menuturkan bahwa kegiatan ini selain sebagai ajang reuni alumni ITB dan peringatan 100 Tahun ITB, juga sebagai ajang penggalangan dana dari alumni untuk Kampus ITB. “Dana yang kami kumpulkan ini akan kami berikan ke ITB untuk memberi beasiswa kepada adik-adik mahasiswa yang kurang beruntung,” tuturnya.

Sementara disampaikan Rektor ITB, Prof. Kadarsah Suryadi, ITB Ultra Marathon dapat dimanfaatkan sebagai kegiatan refreshing yang menyehatkan badan karena berlari merupakan salah satu olahraga yang mudah dan praktis. “Saya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian BUMN RI karena telah mendukung kegiatan ini. Saya harap di tahun-tahun mendatang acara ini dapat tetap terlaksana dengan peserta yang bertambah pula,” ujarnya.

Di akhir pemberian sambutan, Rini Soemarno memberikan dana abadi dari BNI ke ITB secara simbolis sebesar Rp250 juta. Setelah itu, BNI juga memberikan secara simbolis ATM Debit BNI edisi IA-ITB sebagai salah satu bentuk kerjasama ke depannya.

Adapun untuk ajang lari marathon, status first finisher BNI ITB Ultra Marathon 200K 2019 jatuh kepada Sutikno, kategori Relay 4 Mix, Sutikno dari Passion Running Oriented team menyentuh garis finish pada pukul 16.40 WIB, Sabtu, 12 Oktober 2019. Sementara itu, untuk kategori individu 200K, sebagai finisher pertama ialah Meiman Hasrat Waruwu yang mencatatkan waktu 26 jam, 38 menit.

Reporter: Billy Akbar Prabowo (Teknik Metalurgi, 2016)