Berita / Utama

KPU Gandeng ITB untuk Pengembangan Sistem E-Rekap

Adi Permana - Senin, 14 Oktober 2019, 17:48:40 - Diperbaharui : Selasa, 15 - Oktober - 2019, 14:49:00

*KPU memberikan piagam penghargaan kepada ITB sebagai mitra pendukung Pemilu Serentak Tahun 2019. Penghargaan diterima langsung oleh Rektor ITB Prof. Kadarsah Suryadi. (Foto: Adi Permana/Humas ITB)


BANDUNG, itb.ac.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia berkunjung ke Institut Teknologi Bandung dalam rangka penjajakan kerjasama pengembangan sistem rekapitulasi suara berbasis elektronik (E-Rekap) untuk Pilkada Serentak 2020. Pertemuan tersebut berlangsung di Rapim A, Gedung CCAR ITB, Jalan Tamansari No. 64 Bandung, Jumat (11/10/2019).

Disampaikan Ketua KPU RI Arief Budiman, pemanfaatan teknologi informasi menjadi sebuah keniscayaan di era sekarang ini, begitu pula dalam pelaksanaan Pemilu. Melalui pemanfaatan teknologi informasi, proses pelaksanaan Pemilu dapat lebih mudah, sederhana, dan mempersingkat waktu. 

Ia pun menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada ITB atas kerjasama yang telah terjalin untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 lalu. Pada pelaksanaannya, ada beberapa kesuksesan yang telah ditorehkan khususnya pada Situng yang mencatatkan pengumpulan data tertinggi untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden sebesar 99,5 persen dan Pemilihan Legislatif sebesar 98,5 persen. Hal ini mencatatkan sejarah tersendiri karena merupakan Pemilu Serentak pertama di Indonesia. 

“Itu sejarah baru bagi kita, dan teman-teman ITB menjadi bagian dari proses itu. Dan karena capaian Situng ini banyak negara mau belajar dari Pemilu di Indonesia, atas catatan itu kami memberikan apresiasi kepada ITB, dan mengajukan proposal kerjasama agar ITB tetap bersedia terlibat dalam proses penyelenggaraan Pilkada 2020,” ujarnya.

*Kunjungan KPU RI ke ITB di Ruang Rapim A, Gedung CCAR ITB, Jalan Tamansari No 64 Bandung. (Foto: Adi Permana/Humas ITB)

Dia menambahkan, bahwa kerjasama dengan ITB bukan hanya pada Pemilu 2019, tapi sejak Pemilu 2004 lalu.“Kerjasama ini bukan untuk kepentingan satu dua golongan, tapi untuk kepentingan NKRI. Semua sistem informasi yang ada di KPU itu dikerjakan oleh putra putri bangsa Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor ITB Prof. Kadarsah Suryadi menyampaikan apresiasi dan selamat kepada KPU atas kesuksesan pelaksanaan kegiatan Pemilu Serentak 2019 untuk yang pertamakali diselenggarakan tersebut. Rektor juga berucap terima kasih atas kepercayaan KPU karena sudah bekerjasama dengan ITB dalam membantu proses berjalannya Pemilu Serentak 2019.

“Tadi Ketua KPU menyampaikan pada 2020 akan Pilkada serentak, kami pun mengucapkan terima kasih atas rencana kerjasama tersebut (E-Rekap), dan ITB siap membantu proses pelaksanaannya,” ujarnya.