Berita / Utama

Mahasiswa ITB Raih Juara 1 Java Business Competition 2019 Nasional

Adi Permana - Senin, 7 Oktober 2019, 16:28:08

*Foto: Dok. Pribadi


BANDUNG, itb.ac.id - Tim mahasiswa Institut Teknologi Bandung berhasil meraih juara 1 Java Business Competition 2019 yang diselenggarakan oleh Telkom University pada 27-29 September 2019 lalu. Pada ajang tersebut, tim yang memiliki nama Corporate Pirates mengembangkan teknologi blockchain.

Kompetisi ini berangkat dari keadaan bahwa Telkom DDS sebagai salah satu divisi perusahaan Telkom yang mau mengembangkan teknologi blockchain di Indonesia. Sehingga  para peserta diminta untuk mencari suatu  ide tentang use case blockchain yang paling bermanfaat di masyarakat.

Corporate Pirates membawa ide tentang Blockchain Agrikultur. Dengan adanya Blockchain Agrikultur, semua hasil panen dari para petani  terdata dan bisa dijual di pasar bebas. Sehingga pendapatan petani naik dan harga produk di pasar turun. Lalu mereka juga menawarkan blockchain hak paten untuk menghindari plagiarism karena semua karya seni didata, lalu blockchain UMKM yang bertujuan untuk bisa bekerja sama dengan bank.

Tim Corporate Pirates sendiri beranggotakan Raelis, Dian PP, dan Anisa Ramadian yang ketiganya merupakan mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB jurusan Manajemen 2020. 

Salah satu anggota tim, Raelis mengatakan bahwa, salah satu motivasi mengikuti kompetisi tersebut adalah belajar memberi solusi atas kebutuhan masyarakat dan cara menganalisa suatu kasus. 

“Harapan kedepannya bisa encourage teman-teman yang lain untuk ikut lomba juga, dan bisa makin belajar lagi lewat lomba-lomba ke depan,” ucapnya. Raelis menambahkan, pengalaman dan ilmu yang diperoleh dari kompetisi ini juga menjadi bekal bagi mereka dalam menciptakan ide bisnis lain, terutama di bidang teknologi.

Semenatara bagi Anisa Ramadian, meskipun di dalam anggota tim tidak ada yang memiliki latarbelakang di bidang teknologi dalam hal ini blockchain, tapi karena semangat dan tekad yang kuat, tim tersebut belajar dari nol dalam menyusun ide bisnis mereka.

Reporter : Elisabeth Sirumapea (Manajemen 2020)