MWA ITB Umumkan 30 Nomine Rektor ITB Periode 2020-2025

Oleh Adi Permana

Editor -

*Dari kiri ke kanan, Sekretaris Eksekutif MWA ITB Prof. Benhard Sitohang, Ketua MWA ITB Yani Panigoro, dan Ketua Senat Akademik ITB Prof. Hermawan Kresno Dipojono menyampaikan pengumuman 30 nomine untuk Pemilihan Rektor ITB 2020-2025. (Foto: Dok. MWA ITB)


BANDUNG, itb.ac.id – Majelis Wali Amanat (MWA) Institut Teknologi Bandung (ITB) mengumumkan 30 nomine yang akan mengikuti proses selanjutnya untuk Pemilihan Rektor ITB periode 2020-2025. Pengumuman tersebut disampaikan oleh Ketua MWA ITB Yani Panigoro di Gedung  Annex ITB Lantai 3, Jalan Tamansari No. 64 Bandung, Rabu (11/9/2019).

Sebanyak 30 nomine tersebut telah berdasarkan verifikasi dokumen dan seleksi kelayakan dari 34 orang calon nomine/pendaftar. Menariknya dari jumlah nomine yang telah diumumkan, lima di antaranya adalah perempuan.

“Dari daftar ini tentu ada calon nomine yang tidak lanjut lagi menjadi nomine. Namun demikian, saya yakin dan percaya, upaya yang telah diberikan adalah wujud dari kepedulian, semangat, dan tanggung jawab yang luar biasa untuk kemajuan ITB,” ucap Yani Panigoro.

Para nomine tersebut merupakan hasil keputusan dari tim Panel Ahli yang berjumlah 14 orang yang berasal dari MWA, Senat Akademik, Dosen, Tenaga Kependidikan, dan Masyarakat/Profesional. Tim Panel Ahli ini bertugas memeriksa pemenuhan syarat dan kriteria calon nomine untuk menjadi nomine. 

Pembentukan nama-nama panel ahli pemilihan rektor ITB periode 2020-2025 dituangkan dalam Keputusan Majelis Wali Amanat Institut Teknologi Bandung nomor 21/SK/I1.MWA/KP/2019. Panel ahli dalam menjalankan tugasnya tersebut berkoordinasi secara reguler dan bertanggung jawab kepada Ketua Majelis Wali Amanat.

Selanjutnya, Yani menjelaskan, setelah diumumkan 30 nomine, tim panel ahli akan melakukan penilaian atas kelayakan nomine untuk menjadi bakal calon rektor, serta dengan mempertimbangkan masukan dari pihak lain yang kompeten, termasuk informasi dari stakeholder. 

“Penilaian dan pertimbangan panel ahli terhadap nomine juga akan didasarkan pada hasil tes kesehatan, dan assesment lembaga negara serta assesment kompetensi. Kemudian akan dipilih sekitar 10 bakal calon rektor yang dikenalkan ke publik,” ujarnya.


*Foto: Dok. MWA ITB

Dia merinci, agenda pemilihan rektor selanjutnya ialah pada tanggal 24-26 Oktober 2019 bertempat di Kampus ITB Jalan Ganesa, akan dilakukan ekspos ke publik 10 bakal calon rektor. Kemudian pada 26 Oktober dan 1 November adalah Sidang Senat Akademik untuk mendapatkan tiga calon rektor. Pada 2 November 2019, tiga calon rektor itu akan bertemu civitas academica dan stakeholder ITB pada acara ekspos publik. “Direncanakan pada 8 November merupakan tanggal pemilihan Rektor ITB oleh MWA,” katanya.

Berikut adalah 30 nama-nama nomine yang akan mengikuti proses pemilihan rektor pada tahap selanjutnya;

1.   Acep Purqon, Ph.D
2.   Dr. Tech. Ary Setijadi Prihatmanto
3.   Prof. Dr. Bambang Riyanto Trilaksono
4.   Prof. Benyamin Sapiie, Ph.D
5.   Prof. Bramantyo Djohanputro, Ph.D
6.   Prof. Daryono Hadi Tjahjono, Ph.D
7.   Prof. Dr. Eng. Deddy Kurniadi
8.   Prof. Dr. Dermawan Wibisono
9.   Dewi Larasati, Ph.D
10. Prof. Dicky Rezady Munaf, Ph.D
11. Dwi Larso, Ph.D
12. Edwan Kardena, Ph.D
13. Prof. Edy Tri Baskoro, Ph.D
14. Emir Mauludi Husni, Ph.D
15. Dr. Gusti Ayu Putri Saptawati Soekidjo
16. Prof. I Nyoman Pugeg Aryantha, Ph.D
17. Prof. Dr. Jaka Sembiring
18. Prof. Dr. Kadarsah Suryadi
19. Prof. Dr. Eng Khairurrijal
20. Megawati Santoso, Ph.D
21. Prof. Dr. Eng. Mikrajuddin Abdullah
22. Dr. Miming Miharja
23. Prof. Reini D Wirahadikusumah, Ph.D
24. Prof. Dr. Satria Bijaksana
25. Sigit Puji Santosa, Sc.D
26. Prof. Dr. Eng. Suhono Harso Supangkat
27. Teti Armiati Argo, Ph.D
28. Prof. Togar Mangihut Simatupang, Ph.D
29. Prof. Tutuka Ariadji, Ph.D
30. Prof.  Dr. -Ing. Widjaja Martokusumo


scan for download