Berita / Institusi

Pameran Ritech Expo 2019, ITB Tampilkan Hasil Produk Riset dan Startup

Adi Permana - Kamis, 29 Agustus 2019, 11:39:59 - Diperbaharui : Kamis, 29 - Agustus - 2019, 11:43:33
DENPASAR, itb.ac.id -- Ritech Expo merupakan pameran tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, dengan menampilkan berbagai hasil riset dan inovasi di bidang teknologi. Pameran ini menyajikan berbagai produk inovasi unggulan dari perguruan tinggi, lembaga riset, industri, hingga para inovator yang keseluruhannya merupakan karya anak bangsa.

Ritech Expo diselenggarakan dalam rangkaian acara peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24, dengan tema besar “IPTEK dan Inovasi dalam Industri Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0”, yang diselenggarakan di Lapangan Puputan Renon, Denpasar, Bali pada 25-28 Agustus 2019. 

“ITB menampilkan produk-produk antara lain IROSTECH, Nirgomo (pendeteksi kadar gula darah), Hemocare (pendeteksi hemoglobin), Sahabat Bunda (aplikasi konsultasi ibu hamil), Moo Analyzer (aplikasi kesehatan sperma), VRetino (pendeteksi kebutaan dini), Elisa Reader (alat pengecekan hepatitis B), Voice ID, Customer Experience, Chatbot, Conversation Analytics, Text to Speech, Smart City, Tripisia, Sidas, Garuda Bike, Indi Smart, dan Indi Health,” ujar Dini Sofiani Permatasari, Kabag Sistem Informasi dan Publikasi LPPM ITB.

Tim yang berangkat ke Bali diantaranya dari Yayan Prima Nugraha (Irostech), Muhammad Amrullah Robbani, Galih Fajar Ramadhan, Betty Elisabeth Manurung, Hugi Reyhandani Munggaran (KK Biomedik STEI ITB), Ayu Purwarianti, Dessi Puji Lestari, Rahmi Yuwan (Voice ID), Iqbal Ahmad Dahlan, Fadhil Hidayat, Amar Fadillah (Smart City).

Berdasarkan rilis dari BKKP Kemenristekdikti yang diterima humas ITB, Ritech Expo 2019 mampu menarik pengunjung sekitar 35.000 orang. Angka ini merupakan terbesar selama lima tahun terakhir dari  penyelenggaraan Ritech Expo di tahun-tahun sebelumnya.

Ritech Expo tahun ini terbaik dikarenakan banyaknya program-program pilihan yang menarik, diantaranya yakni Pameran, Seminar, Demo Produk, Temu Bisnis, Demo Sains hingga Musik dan Film. Tak hanya itu ada juga Klinik Konsultasi Bisnis mengenai SNI dari BSN, Konsultasi Paten dari DJKI Kemenkumham, Konsultasi HKI dari Bekraf, Klinik Konsultasi Obat dan Makanan dari BPOM, dan Klinik Konsultasi Animasi dari BCIC Kemenperin.

Ritech Expo 2019 ini diikuti oleh total 186 institusi peserta yang terdiri atas 15 institusi terpilih di Produk Unggulan, 6 LPNK Kemenristekdikti, 50 Perguruan Tinggi, 10 Balitbang Daerah, 12 Balitbang Kementerian/Lembaga, 24 Industri/BUMN, 15 Unit Utama/Satuan Kerja Kemenristekdikti, 19 Pusat Unggulan Iptek (PUI) Perguruan Tinggi, 18 Startup Binaan Kemenristekdikti, 12 Mitra Negara Sahabat serta 5 Komunitas.