Berita / Penelitian

Mahasiswa ITB Ciptakan “Nimby”, Robot yang Bisa Melompat dengan Lincah

Adi Permana - Jumat, 23 Agustus 2019, 10:22:38 - Diperbaharui : Rabu, 28 - Agustus - 2019, 17:03:09

*Robot Nimby karya mahasiswa ITB. (Foto: Dok. Pribadi)

BANDUNG.itb.ac.id – Robot merupakan suatu alat yang diciptakan untuk membantu memudahkan aktivitas manusia. Kebanyakan robot di dunia sudah dapat berjalan dan melompat. Namun, pergerakan yang dilakukan oleh sang robot masih sangat kaku. 


Hal inilah yang mendorong Chessa Nur Triejunita, I Made Arisanto Jonathan dan Shaffiyah Novel, mahasiswa Program Studi Teknik Elektro, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB menciptakan sebuah robot yang dapat melompat layaknya manusia yang diberi nama Nimby-Nimble Actuator With Active Complience atau robot Nimby.

Robot Nimby memiliki suatu komponen mekanik yang berjalan secara virtual (pegas dan peredam virtual). Terlihat menggunakan pegas, namun kenyataannya robot Nimby ini tidak menggunakan pegas. Sistem mekanik virtual inilah yang membuat nimby terlihat tidak kaku, layaknya robot pada umumnya. 

Lalu, robot Nimby disusun menggunakan sebuah sistem penggerak (aktuator) yang lebih canggih dan lincah yang bernama o-drive. Sistem penggerak inilah yang mendorong robot Nimby bergerak sangat halus dan lincah layaknya manusia.

Robot pertama yang bisa melompat dengan halus ini sebenernya bukanlah sebuah robot utuh satu tubuh. Namun, Nimby merupakan sebuah robot yang hanya berbentuk kaki yang memiliki tampilan sangat sederhana dan dibuat hanya terfokus pada pergerakan.

“Kami menciptakan robot ini dengan maksud supaya pergerakan sang robot tidak terlihat kaku atau encok-encok. Proses melompatnya pun dibuat layaknya manusia, diawali dengan posisi setengah berdiri lalu melompat dan mendarat dengan gaya setengah berdiri dan kembali tegak,” ujar Shaffiyah ketika ditemui oleh Reporter Humas ITB (15/8/2019).

Proses pembuatan Nimby ini merupakan hal yang sulit dan panjang. Berbagai paper sudah dibaca dengan seksama demi menyempurnakan robot Nimby. Selain itu, kerjasama tim pun sangat dibutuhkan demi terciptanya robot ini.

Robot yang dapat melompat layaknya manusia ini menjadi salah satu hasil karya yang ditampilkan dalam acara Electrical Enggineering Days 2019 pada 5-7 Agustus 2019 di Aula Timur ITB. Robot Nimby pun terpilih menjadi Best Enggineering Design Award dan Best Research Award. Namun, tidak hanya Nimby saja, acara yang diselenggarakan oleh prodi Teknik Elektro-ITB dan HME ITB ini menampilkan berbagai hasil karya yang sangat membanggakan.


*Chessa Nur Triejunita, I Made Arisanto Jonathan dan Shaffiyah Novel menerima penghargaan sebagai Best Enggineering Design Award dan Best Research Award di acara EE Days 2019. 

“Kami membuat nimby ini hanya terdiri dari satu dan dua kaki saja. Namun, tidak berhenti sampai di situ saja. Kami berencana membuat robot nimby ini menjadi 4 kaki yang lengkap. Sehingga, selain bisa melompat dengan sangat halus, bisa juga berlari layaknya hewan yang sedang berlari,” tambah Chessa.

Reporter: Hutahaean Andina Putri (SBM, 2018)