Berita / Utama

Tawarkan Go-Oli, Tim Mahasiswa ITB Juara WOW Case Competition 2019

Adi Permana - Selasa, 20 Agustus 2019, 15:22:49

*Foto: Dok. Pribadi

BANDUNG, itb.ac.id – Pada tahun 2019, Pertamina Lubricants telah menyelenggarakan lomba marketing tahunan bertajuk WOW Case Competition 2019. Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui Tim Dansyel berhasil menjadi juara pada kompetisi tersebut. Gelar juara dipastikan diraih oleh ITB pada acara puncak penganugerahan di The Trans Luxury Hotel Bandung, 13 Agustus 2019 lalu.


WOW Case Competition merupakan lomba marketing di mana para peserta akan berperan sebagai consultant untuk menyelesaikan real problem yang dihadapi oleh Pertamina Lubricants di dalam menghadapi dinamika ekonomi Indonesia sehari - hari melalui business case competition. Pesertanya dari berbagai kampus di Indonesia.

Tim Dansyel yang terdiri atas Cheryl Marlitta Stefia 29118183 (MBA CCE 59), Daniel Andersen Thes 29118163 (MBA CCE 59), dan Annisa Salma Hanifah 29118188 (MBA YP 59). Bagi mereka, salah satu motivasi untuk mengikuti lomba tersebut atas dasar keinginan mengaplikasikan ilmu yang selama ini telah dipelajari di MBA. 

“Kami akhirnya memunculkan ide berupa Go-oli dan vending machine. Kami melihat peluang kerjasama dengan Gojek yang dikabarkan sudah memiliki driver sebanyak 2 juta pada bulan April 2019, dan kami yakin dengan target market sebesar itu dapat meningkatkan penjualan Pertamina Lubriants,” ujar Cheryl saat diwawancara Reporter Humas ITB.

Selain itu, Cheryl menambahkan, melihat zaman yang serba digital, vending machine (mesin jual otomatis) merupakan jawaban untuk kaum milenial yang ingin praktis, aman, cepat, nyaman dan diintegrasikan dengan Aplikasi Dr. Lube. Aplikasi ini juga digunakan untuk memindai plat nomor pengguna untuk bisa menjadi data pada fitur schedule. “Untuk mengedukasi masyarakat, kami menambahkan fitur tutorial berupa video e-learning dan virtual reality (VR) karena kami percaya penyampaian informasi akan semakin melekat jika dibawakan dalam gambar yang bergerak (visual),” ujar Cheryl.

Dalam perjalanannya, tantangan yang mereka hadapi adalah masa - masa saat melakukan perumusan masalah dan pengembangan ide yang harus bisa menjadi solusi secara nyata terhadap permasalahan nyata di masyarakat dalam waktu persiapan kurang dari satu minggu. “Kami berharap masyarakat bisa dengan praktis menggunakan jasa Gojek dalam penggantian oli. Karena dengan adanya fitur Go-oli ini, masyarakat dapat mengganti oli di mana saja dan kapan saja,” ujarnya.
 
Tim Dansyel mengalami proses yang cukup panjang untuk bisa menjadi juara pada lomba WOW Case Competition 2019 ini. Pada awalnya, dilakukan seleksi untuk memilih 8 tim terbaik melalui penilaian proposal yang sudah dikirimkan kepada pihak panitia. 8 tim terpilih kemudian melakukan pitching di Hall Universitas Parahyangan, yang pada akhirnya terpilihlah tiga tim terbaik yang dianugerahi gelar juara 1-3 di The Trans Luxury Hotel Bandung. Pemenang yang terpilih didasarkan pada keberhasilan untuk menciptakan ide yang out of the box dan bisa menjadi solusi nyata bagi permasalahan yang dihadapi oleh Pertamina Lubricants.

“Teruntuk anak-anak ITB dan juga anak muda lainnya, saya harap semuanya bisa mulai melakukan sesuatu yang menginspirasi agar kita semua bisa terus berkarya dan menelurkan ide-ide yang baru untuk kemajuan bangsa Indonesia. Walaupun terkesan sedikit atau kecil, setiap usaha akan membuahkan hasil. Kalau setiap usaha kecil dibilang sia-sia, kerikil yang dilempar pun lama-lama akan menghasilkan gelombang,” pesannya.

Reporter: Christopher Wijaya (Sains dan Teknologi Farmasi, 2016)