Berita / Institusi

Civitas Akademika ITB Ikuti Upacara Peringatan HUT ke-74 RI

Adi Permana - Sabtu, 17 Agustus 2019, 12:06:20 - Diperbaharui : Sabtu, 17 - Agustus - 2019, 12:09:15


BANDUNG, itb.ac.id -- Institut Teknologi Bandung melaksanakan upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia di Lapangan Sarana Olahraga ITB, Sabtu (17/8/2019). Upacara tersebut diikuti seluruh civitas akademika di ITB dari mulai jajaran rektor, dosen, tendik, mahasiswa baru, dan perwakilan alumni ITB.


Bertindak sebagai inspektur upacara, Rektor ITB Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA., membacakan amanat pidato dari Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Prof. Moh. Nasir dengan tema "SDM Unggul, Indonesia Maju". 

Prof. Kadarsah juga menyampaikan kabar gembira bahwa ITB berhasil meraih peringkat pertama untuk kategori Perguruan Tinggi Non-Vokasi dari Kemenristekdikti Tahun 2019.

Rektor kemudian mengatakan, bahwa tema Peringatan HUT ke-74 RI kali ini mengandung makna bahwa pembangunan Sumber Daya Manusia yang unggul akan sangat mendukung kemajuan Indonesia. Artinya Pembangunan Sumber Daya Manusia menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan Indonesia di masa depan. "Sumber Daya Manusia Indonesia harus unggul dalam segala bidang sehingga dapat bersaing secara global, terlebih ketika memasuki era industri 4.0," jelasnya di hadapan ribuan peserta upacara.



Dalam menciptakan SDM yang unggul Perguruan Tinggi harus tampil sebagai garda terdepan dalam mencetak SDM yang unggul dan kompetitif di masa datang. "Jangan terlalu cepat puas dengan capaian dan kompetensi yang kita miliki dan terlena dengan zona nyaman," pesan Rektor.

Lebih lanjut, Prof. Kadarsah mengatakan, bonus demografi yang kita miliki harus benar-benar dioptimalkan dengan mencetak SDM di Indonesia yang unggul, peluang ini akan menjadi emas jika kualitas pendidikan terus kita tingkatkan. 

"Peran perguruan tinggi sebagai agen perubahan dinanti oleh bangsa ini dalam 
menjawab segala tantangan yang ada.
Pemerintah akan terus memberikan fasilitas, dukungan pendidikan, dan pengembangan diri bagi talenta anak-anak bangsa, karena akan memberikan kontribusi terhadap percepatan pembangunan Indonesia," ucap Rektor.

Pada upacara tersebut, rektor juga menyematkan penghargaan kepada 263 orang penerima penghargaan, di antaranya penghargaan Satya Lancana Karya Satya 30 tahun diberikan kepada 49 orang, Satya Lancana Karya Satya 20 tahun kepada 68 orang, dan Satya Lancana Karya Satya
10 tahun kepada 36 orang. Kemudian penghargaan pengabdian ITB 40 tahun kepada 10 orang, pengabdian ITB 35 Tahun kepada 27 orang, dan Pengabdian ITB 25 Tahun kepada 73 orang.