Berita / MoU

ITB dan Sejong University Jalin MoU dalam Bidang Pendidikan dan Kolaborasi Penelitian

Adi Permana - Rabu, 14 Agustus 2019, 11:07:13 - Diperbaharui : Kamis, 15 - Agustus - 2019, 16:42:02

* ITB menerima cendera mata dari Sejong University usai penandatanganan MoU di Ruang Rapim A, Gedung Annex ITB, Jalan Tamansari No. 64, Bandung. (Foto: Adi Permana/Humas ITB)

BANDUNG, itb.ac.id -- Institut Teknologi Bandung dengan Sejong University, Korea Selatan, menjalin Nota Kesepahaman Bersama dan Perjanjian Kerjasama dalam bidang pendidikan dan kolaborasi penelitian pada Selasa, 13 Agustus 2019 di Ruang Rapim A, Gedung Annex, Rektorat ITB, Jalan Tamansari No. 64, Bandung. MoU tersebut ditandatangani oleh Rektor ITB Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA., dan Wakil Rektor bidang Kerjasama Internasional Sejong University, Jaehong LEE, Ph.D.


Dalam sambutannya, Jaehong LEE menyampaikan rasa terima kasih kepada ITB yang telah menjalin kerjasama dengan Sejong University. Menurutnya, ITB adalah salah satu universitas yang unggul dalam bidang teknik. "Kami melakukan kerja sama dalam rangka pembahasan sistem perankingan universitas, mencari kandidat mahasiswa pascasarjana, dan kerjasama akademik," ujarnya.

Lebih lanjut Lee mengenalkan bahwa Sejong University merupakan kampus yang unggul di bidang teknik dan sains. Kampus tersebut berlokasi di pusat kota Seoul dekat dengan Myeongdong dan Gangnam. Merupakan universitas yang berorientasi riset dengan jurusan yang paling diminati adalah teknik dan ilmu komputer.

Sampai saat ini, dikatakan Lee, Sejong University mempunyai 400 lulusan dari Indonesia yang hampir semuanya dari program beasiswa. Namun untuk sekarang, jumlah mahasiswa dari Indonesia hanya sekitar 20 orang baik untuk program S1, pascasarjana, student exchange, atau language center. “Kami harap akan ada lebih banyak mahasiswa Indonesia yang belajar di Sejong University,” ujarnya.

*Foto: Adi Permana/Humas ITB

Rektor ITB Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA juga menyampaikan perkenalan sekilas tentang ITB dalam sambutannya. Saat ini, ITB memiliki 12 fakultas/sekolah yang terbagi ke dalam empat klaster pendidikan yaitu sains dan teknologi, teknik, seni, dan bisnis manajemen. ITB juga telah terakreditasi oleh berbagai lembaga akreditasi internasional salah satunya dari Korea Architecture Accreditation Board (KAAB). Tujuannya dari akreditasi tersebut, yaitu agar lebih dikenal di kancah internasional, dan memiliki kualitas berstandar internasional.

"Kami juga ingin meningkatkan jumlah student exchange, kami senang jika mahasiswa kami bisa ke Sejong University dan kami senang untuk menerima mahasiswa dari Sejong University. Kami punya beberapa program internasional yaitu short term exchange, summer course, international project, dan membuat kompetisi internasional," ujar Rektor. Ia menambahkan, saat ini ITB pun memiliki beberapa mahasiswa asal Korea Selatan yang sedang menempuh pendidikan di ITB.

Rektor berharap, semoga melalui MoU tersebut kerjasama yang diharapkan bisa tercapai dengan baik. “Hubungan Indonesia dan Korea Selatan sudah baik, semoga kedatangan dari Sejong University bisa memperkuat hubungan tersebut,” pungkas Rektor.