Berita / Institusi

Prof. Kadarsah Suryadi Buka Turnamen Tenis Piala Rektor ITB

Adi Permana - Selasa, 6 Agustus 2019, 21:15:42 - Diperbaharui : Rabu, 7 - Agustus - 2019, 17:22:39

BANDUNG, itb.ac.id — Rektor Institut Teknologi Bandung Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi DEA., membuka secara resmi Turnamen Tenis Piala Rektor ITB tahun 2019 di Lapangan Tenis Saraga ITB, Sabtu (3/8/2019) pagi. Kejuaraan ini akan mempertandingkan 3 kategori lomba yaitu tunggal putra-putri, ganda putra-putri, dan ganda campuran.

”Tujuan utama dari turnamen ini bukanlah untuk menjadi juara, melainkan untuk mengukur sejauh mana kemampuan kita dalam olahraga yang kita lakoni. Serta banyak manfaat yang kita dapatkan dari olahraga tenis tersebut,” kata Prof. Kadarsah Suryadi saat membuka turnamen tersebut.

Rektor mengatakan, olahraga juga menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahim. “Kita dapat bertemu dengan berbagai orang dari berbagai lokasi, yang jauh menjadi dekat, yang tidak kenal menjadi kenal, yang sulit akan menjadi mudah, yang sendiri akan menjadi bersama, dan dengan persahabatan kita akan maju bersama,” ujarnya. 

Selain tenis, ITB juga menyelenggarakan turnamen lain dari cabang olahraga berbeda, salah satunya sepakbola. Harapannya, dengan berbagai kompetisi olahraga tersebut dapat membanggakan dan mengharumkan bangsa Indonesia di kancah internasional.

Turnamen tenis antar mahasiswa ini diselenggarakan atas kerjasama antara ITB dengan Persatuan Lapangan Tenis Indonesia (Pelti) Jawa Barat dan Persatuan Tenis Ganesha Ikatan Alumni (PTG IA-ITB). Ketua Pelti Jawa Barat, Prof. Dr. Wawan Abdul Kadir MS., menjelaskan bahwa, pada tahun ini, sebanyak 25 perguruan tinggi ikut serta dalam kegiatan tersebut. Hal ini jauh meningkat jika dilihat pada tahun sebelumnya yang hanya diikuti oleh 18 perguruan tinggi.



Total atlet mahasiswa yang mengikuti turnamen ini adalah sebanyak 85 mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia dengan kategori tunggal putra-putri, ganda putra-putri, dan ganda campuran. Untuk pemain junior jumlahnya sama dengan jumlah atlet mahasiswa yaitu 85 atlet junior dengan usia terkecil 8 tahun.

“ITB menjadi perguruan tinggi yang sangat fokus dan peduli terhadap olahraga, dibuktikan pada pertengahan tahun 1990-an yang menjadi perguruan tinggi negeri pertama yang memasukkan kurikulum olahraga sebagai mata kuliah wajib,” ucapnya yang juga Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan ITB ini.



Pada acara pembukaan Turnamen Piala Rektor ITB 2019 juga turut dihadiri juga oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti), Rildo Ananda Anwar dan Ketua  PTG IA-ITB, Monty Giriana. Keduanya berharap melalui turnamen ini dapat menghasilkan bibit-bibit petenis lapangan untuk Indonesia di masa depan.

Reporter: Ahyar (TPB FTTM, 2018)