Berita / MoU

ITB Jalin Kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Subang

Adi Permana - Selasa, 23 Juli 2019, 15:09:50 - Diperbaharui : Rabu, 24 - Juli - 2019, 09:18:00


BANDUNG, itb.ac.id --  Institut Teknologi Bandung (ITB) menjalin nota kesepahaman bersama dengan Pemerintah Kabupaten Subang terkait kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Nota kesepahaman tersebut ditandatangani langsung oleh Rektor ITB, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA., dan Bupati Subang H. Ruhimat, S. Pd., M.Si.


Bertempat di Rapim A, Gedung CCAR ITB, Jalan Tamansari No. 64 Bandung, Kamis (18/7/2019), dalam sambutannya, Bupati Subang menyampaikan bahwa peran ITB sangat dibutuhkan dalam rangka pembangunan di Kabupaten Subang. Apalagi saat ini, kabupaten yang terkenal dengan buah nanas itu akan memiliki Pelabuhan Patimban yang sedang dibangun.

Ia menambahkan, terkait pengelolaan pariwisata, Kabupaten Subang juga berharap bahwa ITB bisa turut berkontribusi dalam hal bagaimana manajemen pengelolaannya sehingga dapat memberi dampak kepada masyarakat. Dia menambahkan, Subang juga memiliki sawah produktif kurang lebih 84 ribu hektare yang perlu dikelola dengan maksimal. “Kita membutuhkan bantuan ITB dalam penataan kota sehubungan dengan sedikit lagi keberadaan kawasan industri, termasuk dalam kebutuhan air bersih,” ujarnya.



“Kami sangat berharap kerjasama ini bisa betul-betul berjalan karena kami sangat betul-betul butuh bantuan tentang penataan berbagai hal yang menyangkut aspek kehidupan masyarakat di Subang dengan harapan supaya terjadi hal yang lebih baik lagi,” tambah H. Ruhimat sekaligus menutup sambutannya.

Terkait hal tersebut, Rektor ITB Prof. Kadarsah menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan Pemerintah Kabupaten Subang memilih partner kerjasama dengan ITB. Saat ini ITB mempunyai 110 kelompok keahlian yang beberapa di antaranya berkaitan dengan rencana dan kebutuhan yang Pemerintah Subang harapkan melalui kerjasama ini.



Dikatakan lebih lanjut oleh Prof. Kadarsah, keberadaan Pelabuhan Patimban akan mejadi magnet pertumbuhan ekonomi baru bagi Kabupaten Subang ditambah lagi dengan adanya kawasan industri. “Insya Allah Subang akan kita bantu kembangkan juga karena ITB sekarang menuju ke arah entrepreneurial university,” ujarnya. 

Selain Kabupaten Subang, ITB juga telah melakukan banyak kerjasama dengan berbagai pihak termasuk pemerintahan daerah lainnya untuk inovasi yang nantinya dapat dimanfaatkan bagi kemajuan pemerintahan daerah tersebut.