Berita / MoU

ITB Lakukan Penandatanganan Perjanjian Hibah Fasilitas Pendidikan dengan PT. Bersama Kapital

Adi Permana - Jumat, 5 Juli 2019, 15:40:49


BANDUNG, itb.ac.id – Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam hal ini diwakili oleh Prof. Wawan Gunawan A. Kadir selaku Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan beserta Avi Koesnovagril selaku Direktur PT. Bersama Kapital melakukan penandatanganan perjanjian hibah fasilitas pendidikan. Hibah ini diberikan oleh PT. Bersama Kapital kepada ITB berupa Perluasan Gedung Laboratorium Teknik Reaksi Kimia dan Katalisis (TRKK), Teknik Kimia ITB.


Penandatanganan perjanjian tersebut dilakukan di Rapim A, Gedung CCAR ITB, Jalan Tamansari No.64, Bandung, Selasa (2/7/2019). Adapun pada isi dari perjanjian yang ditandatangani meliputi berbagai pasal-pasal yang akan mengatur selama proses realisasi dari hibah yang diberikan. Di antaranya meliputi penjelasan terkait objek hibah, syarat pembangunan dan peruntukan gedung.

“Mudah-mudahan hal ini menjadi jejak serta momentum bagi kita untuk bergerak kedepannya menjadi lebih pasti,” ungkap Direktur PT. Bersama Kapital Bersama kepada masa yang hadir saat itu. “Kami yakin dengan perluasan gedung laboratorium tersebut manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat,” lanjutnya.

Pasalnya, laboratorium yang akan diperluas tersebut sedang gencarnya melakukan penelitian terkait katalis guna menghasilkan minyak mentah. Sebab, sejauh ini kebutuhan katalis di Indonesia sangatlah banyak sehingga menyebabkan sering melakukan impor katalis. Sehingga, laboratorium ini memiliki peran penting bagi negara agar dapat memproduksi katalis secara mandiri. Dalam hal ini, Direktur PT. Bersama Kapital yang sekaligus merupakan Alumni ITB angkatan 1984 mengucapkan terima kasih kepada pihak ITB yang telah membantu mewujudkan niat baiknya.

Laboratorium TRKK-ITB sendiri telah menghasilkan produk inovasi yaitu katalis. Menurut Prof. Subagjo yang juga hadir pada acara perjanjian tersebut, mengungkapkan, hasil dari laboratorium ini dapat memproses minyak mentah dengan efisiensi tinggi dan saving biaya. Penelitiannya pun sudah dipatenkan. Sehingga dalam jangka panjang ditargetkan untuk diindustrikan demi menyongsong ITB sebagai Entrepreneur University. Ia berharap dengan adanya hibah ini dapat membantu mempercepat proses tersebut.



Sementara itu, Prof. Wawan Gunawan A. Kadir dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada pemberi hibah yakni PT. Bersama Kapital. Ini merupakan kontribusi nyata dari alumni terhadap almamaternya. Dia meyakini bahwa  besarnya perguruan tinggi tidak terlepas dari peran besar alumninya. “Kontribusi, bantuan, serta sumbangsih alumni terhadap ibunya (almamater) dapat dilakukan dengan berbagai macam cara salah satunya ini,” ungkapnya.

Saat diwawancari reporter Humas ITB, Direktur PT. Bersama Kapital, Avi Koesnovagril, menyebutkan bahwa dengan posisinya sebagai Alumni ITB, ia mengharapkan bahwa hal ini nantinya dapat menginspirasi alumni yang lain untuk berkontribusi terhadap almamaternya.

Reporter: Irfan Ibrahim (Teknik Geodesi dan Geomatika 2016)