Berita / Campus Life

Unit SKOR HOKI ITB, Pelopor Hoki Ruangan di Indonesia

Adi Permana - Jumat, 24 Mei 2019, 09:13:57 - Diperbaharui : Selasa, 28 - Mei - 2019, 09:23:25
*Foto: Dok. Tim Hoki ITB

BANDUNG, itb.ac.id -- Satuan Kegiatan Olah Raga atau sering disebut Skor Hoki ITB, merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa tertua di ITB. Unit ini telah lahir sejak tahun 1970 akhir atau 1980 awal. Unit kegiatan mahasiswa ini pertama kali diinisiasi oleh (Alm.) Prof. Nang Primadi Tabrani, karena beliau merupakan salah satu tokoh penggagas hoki ruangan pertama di Indonesia. Sebagai dosen ITB, ia memiliki keinginan untuk mendirikan unit hoki di ITB.

Saat ini, Hoki ITB beranggotakan lebih dari 50 orang. Mereka biasa melaksanakan latihan rutin setiap dua pekan sekali, yaitu hari Selasa pada pukul 19.00-21.00 WIB dan hari Sabtu dari pukul 14.00-menjelang waktu magrib. Unit Hoki ITB pernah menjuarai salah satu ajang bergengsi hoki ruangan di Indonesia, yaitu  Kompetisi Hoki Ruangan Perguruan Tinggi, (KHRPT) yang kini menjadi IHRPT atau singkatan dari Invitasi Hoki Ruangan Perguruan Tinggi. Mereka juga secara rutin mengikuti kompetisi yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada.

Menurut Muhammad Iqbal Akbari, ketua Hoki ITB 2019-2020 menyampaikan bahwa ITB mempunyai peran yang cukup vital dalam perkembangan hoki ruangan di Indonesia. ITB patut berbangga, karena IHRPT ini merupakan kompetisi paling bergengsi sekaligus paling tua yang ada di Indonesia. Kompetisi yang biasa diselenggarakan tahunan ini akan kembali dilaksanakan untuk ke-33 kalinya pada Januari 2020 mendatang.

“Uniknya, banyak tim hoki kampus yang berpartisipasi pada acara ini padahal kami tidak menyediakan hadiah berupa uang. Tapi karena gengsinya, dan memang rame banget,” Kata  Muhammad Iqbal Akbari, ketua unit SKOR Hoki ITB 2019-2020 saat ditemui di Ruang Sekretariat di Saraga ITB.

Vivi, anggota Hoki ITB dari Teknik Kelautan 2017 mengakui bahwa jaringan dan ikatan alumni dari unit yang lahir sejak 1970-an ini sangat kuat. “Mereka (alumni) sering hadir dang ngasih support yang gede banget baik dari segi mental ataupun material,” hal ini menjadi sebuah acuan agar mereka dapat terus melanjutkan perjuangan para alumni yang telah lulus dalam unit ini.

Vivi dan Iqbal juga menuturkan bahwa olahraga yang mereka minati ini cukup unik di mata sebagian orang. “Biasanya orang-orang mikirnya hoki itu hoki es. Padahal hoki itu ada juga hoki ruangan, yang bermainnya indoor,” kata Vivi. Mereka berharap, semakin banyak mahasiswa ITB yang dapat mendaftar hoki ITB, terutama perempuan. Karena mereka akan membutk tim putri hoki ITB dan tim gabungan. Mereka juga merancang upaya promosi pada Open House Unit nanti agar semakin banyak mahasiswa baru yang bergabung di unit ini.

Reporter: Moch. Akbar Selamat (Manajemen 2020)